PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BTN SYARIAH CABANG ARIFIN AHMAD PEKANBARU

  • Norhayati Norhayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unilak
  • Arizal N Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lancang Kuning
  • Efrita Soviyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah

Abstract

 

“Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BTN Syariah Cabang Arifin Ahmad Pekanbaru. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan mendeskripsikan keadaan responden serta deskripsi variabel penelitian”.

“Objek penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah nasabah Bank BTN Syariah Cabang Arifin Ahmad Pekanbaru, populasi sebanyak 1.650 orang dan sampel sebanyak 96 orang. Adapun uji yang digunakan adalah sebagai berikut Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Multiolinearitas, Uji Heterokedastisitas, Uji Hipotesis, Uji Statistik (Uji t), Uji Statistik (Uji f), Analisis Linear Berganda, serta koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistik Versi 16”.

“Hasil penelitian ini menunjukkan variabel independen yang di uji berpengaruh secara bersama-sama positif dan signifikan terhadap variabel dependen melalui uji t, Dari perhitungan rumus besaran sampel sebesar 95,9 dan dibulatkan sebanyak 96 responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa diketahui nilai sig untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 5.994 > 1.98552 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 terhadap Y, dengan nilai determinasi 28% berkategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial dan simultan memiliki pengaruh yang postif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank BTN Syariah Cabang Arifin Ahmad Pekanbaru”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-29
Section
Articles
Abstract viewed = 53 times
PDF downloaded = 52 times