ANALISIS PENGARUH PELATIHAN TEKNOLOGI PENYONDIRAN PADA USAHA MIKRO KONSTRUKSI DI KOTA PEKANBARU

  • Gusneli Yanti Universitas Lancang Kuning
  • Zainuri Zainuri Universitas Lancang Kuning
  • Shanti Wahyuni Megasari Universitas Lancang Kuning
Keywords: Analisis Statistik, Pelatihan, Pengaruh, Usaha Mikro Konstruksi

Abstract

Sebelum memperoleh data daya dukung tanah maka terlebih dahulu perlu dilakukan penyondiran. Apabila permintaan akan jasa sondir meningkat secara signifikan, maka hal tersebut akan mempengaruhi kecepatan dan kinerja tenaga kerja usaha mikro dalam membuat perencanaan bangunan konstruksi. Sehingga dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan tenaga kerja diperlukan pelatihan teknologi penyondiran kepada pengusaha mikro bidang konstruksi yang berada di Kota Pekanbaru. Untuk mengukur tingkat keberhasilan dari suatu pelatihan, maka diperlukan analisis secara statistik terkait pengaruh pelaksanaan pelatihan teknologi penyondiran terhadap peserta pelatihan. Pengukuran tingkat keberhasilan diperoleh dengan membandingkan kemampuan dan keterampilan peserta sebelum dengan setelah mengikuti pelatihan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 6 (enam) orang tenaga kerja dari 2 (dua) perusahaan mikro kontruksi di Kota Pekanbaru yaitu CV. Fajar Bahari dan CV. Fiwi Teknik. Pengambilan data dilaksanakan sebelum dilaksanakannya pelatihan, selama proses pelaksanaan pelatihan dan setelah pelatihan berakhir. Berdasarkan hasil rata-rata penilaian yang dilaksanakan terhadap nilai rerata pre-test, terdapat peningkatan nilai peserta pada praktek lapangan sebesar 39,85%, pada pengolahan data sebesar 41,20% dan pada nilai post-test sebesar 40,58%. Hasil analisis statistik dengan menggunakan metode analisis varians (Analysis of Variance - ANOVA), pada tabel F diperoleh bahwa F0.05 Tabel = 3,10 dan F0.01 Tabel = 4,94, sedangkan F Hitung  = 36,031. Karena F Hitung > F Tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi atau perlakuan yang sangat nyata pada peserta pelatihan sebelum dan setelah dilaksanakan pelatihan teknologi penyondiran kepada pengusaha mikro bidang konstruksi yang berada di Kota Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bowles J.E., Johan H., Hainim., 2004, Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah), Erlangga, Jakarta.
Craig R.F., Budi S.S., 2004, Mekanika Tanah Edisi IV, Erlangga, Jakarta.
Das B.M., Noor E., Indrasurya B.M., 2005, Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid 2 Cetakan IX, Erlangga, Jakarta.
Day R.W., 2008, Geotechnical and Foundation Engineering, McGraw-Hill, USA.
Hardiyanto H.C., 2007, Mekanika Tanah II Edisi IV, Gadjah Mada Press, Yogyakarta.
Terzaghi K., Ralph B.P., 1993, Mekanika Tanah Dalam Praktek Rekayasa Edisi II Jilid I, Erlangga, Jakarta.
Wesley L.D., 2010, Mekanika Tanah; Untuk Tanah Endapan dan Residu Edisi I Cetakan 21, Andi, Yogyakarta.
Yitnosumarto S., 1991, Percobaan Perancangan, Analisis Dan Interprestasinya, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Published
2017-04-03
How to Cite
Yanti, G., Zainuri, Z., & Megasari, S. W. (2017). ANALISIS PENGARUH PELATIHAN TEKNOLOGI PENYONDIRAN PADA USAHA MIKRO KONSTRUKSI DI KOTA PEKANBARU. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 3(1), 39 -. https://doi.org/10.31849/siklus.v3i1.369
Section
Articles
Abstract viewed = 740 times
pdf downloaded = 242 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>