ANALISIS TEGANGAN BIDANG (PLANE STRESS) DINDING GESER (SHEAR WALL) GEDUNG BERTINGKAT

  • Sondra Raharja Universitas Riau
  • Reni Suryanita Universitas Riau
  • Zulfikar Djauhari Universitas Riau
Keywords: Dinding Geser, Lateral, Perpindahan, Tegangan Bidang

Abstract

Salah satu upaya untuk memperkuat struktur bangunan gedung bertingkat tinggi adalah dengan membuat shear wall yang terhubung dan terintegrasi dengan struktur portal gedung tersebut.  Shear wall merupakan salah satu komponen struktur yang berfungsi untuk menahan gaya geser akibat timbulnya gaya lateral gempa. Gaya lateral gempa yang bekerja, menyebabkan timbulnya tegangan-tegangan pada bidang shear wall. Tegangan-tegangan bidang shear wall ini berupa tegangan normal arah x (sxx), tegangan normal arah y (syy) dan tegangan geser arah xy (txy).  Analisis tegangan bidang ini disebut juga Analisis Plane Stress, yaitu analisa tegangan bidang dengan perbandingan antara tebal dan lebar  atau antara tebal dan tinggi  adalah kecil.  Jika tebal dalam arah sumbu z, maka z sangat kecil.  Dalam riset ini, selain tegangan bidang shear wall yang dihasilkan dari analisis plane stress, juga diperoleh deformasi sebagai hasil dari terjadinya perpindahan akibat pengaruh gaya luar pada setiap elemen bidang. Joint displacement yang paling besar terjadi pada titik paling atas pada shear wall, yaitu sebesar 0.26 m pada titik 20 dan 21.  Sedangkan pada titik paling bawah atau pada dasar tidak terjadi perpindahan, karena pada dasar shear wall, joint dikekang dengan perletakan sendi. Kemudian dari hasil perpindahan tersebut akan dihasilkan gaya dan regangan pada setiap elemen bidang shear wall.Tegangan maksimum terjadi pada elemen 1, yaitu elemen yang paling bawah dari shear wall. Besar tegangan pada elemen ini adalah sebesar sxx = 4039,579 kN/m2, syy = 20197,579 kN/m2 dan txy = 14208,841 kN/m2. Hasil tegangan bidang tersebut selanjutnya digunakan untuk perencanaan konstruksi beton bertulang shear wall.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sondra Raharja, Universitas Riau

Magister Teknik Sipil

Reni Suryanita, Universitas Riau

Magister Teknik Sipil

Zulfikar Djauhari, Universitas Riau

Magister Teknik Sipil

References

Amrinsyah N., 2010, Metode Elemen Hingga, Institut Teknologi Bandung, Bandung.
Badan Standarisasi Nasional, 2012, Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung SNI-1726-2012, BSN, Bandung.
Chen W.F., Lui E.M., 2006, Earthquake Engineering for Structural Design, Florida.
Petter K.I., 2008, Matlab Guide to Finite Elements An Interactive Approach, Springer.
Schodek D.L., 1999, Struktur, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.
Published
2017-10-02
How to Cite
Raharja, S., Suryanita, R., & Djauhari, Z. (2017). ANALISIS TEGANGAN BIDANG (PLANE STRESS) DINDING GESER (SHEAR WALL) GEDUNG BERTINGKAT. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 3(2), 58 -. https://doi.org/10.31849/siklus.v3i2.381
Section
Articles
Abstract viewed = 223 times
PDF downloaded = 100 times