UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA PADA MATERI CERITA ANAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN STRATEGI WHAT MY LINE SISWA KELAS VII.1 SMPN 21 KOTA PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami cerita anak, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan kemampuan memahami cerita siswa belum optimal, sehingga nilai yang diperoleh siswa dibawah KKM yang sudah ditetapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami cerita pada materi cerita anak bidang studi Bahasa Indonesia dengan menerapkan strategi What My Line siswa kelas VII.1 SMPN 21 Kota Pekanbaru.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan kemampuan memahami cerita anak pada materi cerita anak bidang studi Bahasa Indonesia. Pada siklus I hasil belajar siswa dikategorikan dengan rata-rata klasikal nilai 80. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan memahami cerita anak dengan kategori tinggi dengan rata-rata klasikal nilai 91 dengan demikian penggunaan Strategi What My Line dapat meningkatkan kemampuan memahami cerita anak pada materi cerita anak bidang studi Bahasa Indonesia siswa kelas VII di SMPN 21 Kota Pekanbaru pada pelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, Rineka Cipta: Jakarta, 2008
Burhan Nurgiyantoro, Pengantar Pemahaman Dunia Anak, Jakarta, 2007
Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 2002
Farida Rahim. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi, 2007
Gimin. Instrumen dan Pelaporan Hasil Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru: 2008
Mel Silberman, Active Learning, Yogyakarta: Yapendis, 2002
Santosa. Puji dkk “Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD” Jakarta: UT, 2005
Sarumpaet, Riris K. Toha, Sastra Masuk Sekolah, Magelang: Indonesiatera, 2002
Slamet. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah dasar. Surakarta: UNS Press, 2007
Sriyadi Dwijo, dkk, Buku Ajar Acuan Pengayaan, Jakarta: CV. Sindunata, 2006
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1998
Suwardi Endraswara, Metode Penelitian Psikologi Sastra, Jakarta, 2002
Tarigan, Henry, G. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 1998
Zaenal Arifin, Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, (Jakarta: CV. Akademika Pressindo, 2006)