PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII.9 SMPN 21 PEKANBARU

  • Neng Suarti SMPN 21 Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar matematika siswa kelas VII.9 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika melalui penerapan Kooperatif Tipe giving question and getting answer pada siswa kelas VII.9 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VII.9 SMPN 21 Pekanbaru  yang berjumlah 43 orang, tahun pelajaran 2016-2017. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen unjuk kerja dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.  Berdasarkan hasil penelitian maka kesimpulan penelitian adalah penggunaan metode tipe giving question and getting answer dapat meningkatkan minat  belajar pada mata pelajaran Matematika  pada siswa kelas VII.9 SMPN 21 Pekanbaru . Dalam metode tipe giving question and getting answer  sangat menunjang proses interaksi belajar mengajar di kelas. Dengan menggunakan giving question and getting answer siswa berkesempatan mengulang materi yang disampaikan siswa yang belum atau kurang memahami materi pelajaran dapat mengingatnya kembali sehingga akan menimbulkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran. Dari hasil penelitian juga didapatkan rata-rata minat belajar siswa untuk 6 indikator minat  belajar  sebesar 82,2%, jika dibandingkan dengan siklus I yang mendapatkan rata-rata perolehan sebesar 50,4%. Artinya terjadi peningkatan sebesar 31,8% pada siklus II

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Rineka cipta

Slavin, Robert E, 2008, Cooperative learning Teori, Riset dan Praktis. Bandung Nusa Media.

Solihatin, Etin. 2007. Cooperatif Learning Analisis Pembelajaran IPS. Jakarta. Bumi Aksara.

Tulus, Tuu, 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta. Grasindo

Zaini, Hisyam dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. CTSD
Published
2018-06-26
How to Cite
Suarti, N. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII.9 SMPN 21 PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 163-168. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1079
Abstract viewed = 340 times
PDF downloaded = 301 times