PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII.9 SMPN 21 PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar matematika siswa kelas VII.9 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika melalui penerapan Kooperatif Tipe giving question and getting answer pada siswa kelas VII.9 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VII.9 SMPN 21 Pekanbaru yang berjumlah 43 orang, tahun pelajaran 2016-2017. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen unjuk kerja dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka kesimpulan penelitian adalah penggunaan metode tipe giving question and getting answer dapat meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas VII.9 SMPN 21 Pekanbaru . Dalam metode tipe giving question and getting answer sangat menunjang proses interaksi belajar mengajar di kelas. Dengan menggunakan giving question and getting answer siswa berkesempatan mengulang materi yang disampaikan siswa yang belum atau kurang memahami materi pelajaran dapat mengingatnya kembali sehingga akan menimbulkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran. Dari hasil penelitian juga didapatkan rata-rata minat belajar siswa untuk 6 indikator minat belajar sebesar 82,2%, jika dibandingkan dengan siklus I yang mendapatkan rata-rata perolehan sebesar 50,4%. Artinya terjadi peningkatan sebesar 31,8% pada siklus II
Downloads
References
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Rineka cipta
Slavin, Robert E, 2008, Cooperative learning Teori, Riset dan Praktis. Bandung Nusa Media.
Solihatin, Etin. 2007. Cooperatif Learning Analisis Pembelajaran IPS. Jakarta. Bumi Aksara.
Tulus, Tuu, 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta. Grasindo
Zaini, Hisyam dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. CTSD