IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.2 SMP NEGERI 21 PEKANBARU

  • Raini Raini SMPN 21 Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar matematika siswa Kelas VIII.2 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give siswa Kelas VIII.2 SMP Negeri 21 Pekanbaru, yang dilaksanakan selama 1 bulan. Sebagai Subjek dalam Penelitian ini adalah siswa Kelas VIII.2 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Jumlah siswa yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 40 orang siswa. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen motivasi belajar dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.

Berdasarkan deskripsi dan analisis data yang peneliti sajikan maka dapat Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode cooperative learning tipe Take and Give dapat meningkatkan Motivasi belajar matematika siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Keberhasilan ini disebabkan dengan penerapan metode Cooperative learning Tipe Take and Give menimbulkan interaksi yang bersifat terbuka dan langsung di antara sesama siswa, memberikan kepada para siswa waktu untuk berfikir dan merespons serta saling bantu satu sama lain sehingga siswa lebih banyak memiliki kesempatan untuk mengekspresikan pengalaman emosi yang menyenangkan. Dengan kondisi tersebut maka tingkat penerimaan siswa akan meningkat dan pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Pada siklus pertama menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong tinggi dengan skor 124, dengan rata-rata persentase 6 indikator motivasi belajar sebesar 51.7%. Sedangkan pada siklus II mencapai skor 187  (dalam kriteria tinggi), dengan rata-rata motivasi belajar siswa untuk indikator motivasi belajar (6 indikator) sebesar 77.9%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Anita Lie, 2008. Cooperative learning. Jakarta. Gramedia.
[2] Arnie Fajar. 2004. Portofolio Pembelajaran IPS. Remaja Rosda Karya. Bandung
[3] Depdiknas. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
[4] Etin Solihatin 2008. Cooperatif Learning Analisis Pembelajaran IPS. Jakarta. Bumi Aksara.
[5] Gimin, Dkk. 2005. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. FKIP. UNRI.
_________. 2006. Instrumen dan Pelaporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru. Makalah Pelatihan
[6] Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi aksara.
[7] Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
[8] Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana, Jakarta.
[9] Sardiman , A.M.2004. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali, Pers
[10] Slavin, Robert E, 2009, Cooperative learning Theori Reseach and Practice, Allyn and Bacod Boston
[11] Sondang P. Siagian. 1995. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta. Rineka Cipta
[12]Surya. 2002. Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta .UT
[13] Tim Pustaka Yustisia. 2008. Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Yogyakarta. Pustaka Yustisi
Published
2018-06-26
How to Cite
Raini, R. (2018). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.2 SMP NEGERI 21 PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 169-175. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1080
Abstract viewed = 93 times
PDF downloaded = 59 times