IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI RUPA DI KELAS IX.7 SMP NEGERI 21 PEKANBARU

  • Elindra Suryati SMPN 21 Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar seni rupa siswa Kelas IX.7 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni rupa melalui penerapan metode demonstrasi siswa Kelas IX.7 SMP Negeri 21 Pekanbaru, yang dilaksanakan selama 1 bulan. Sebagai Subjek dalam Penelitian ini adalah siswa Kelas IX.7 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Jumlah siswa yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 41 orang siswa. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen unjuk kerja dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.

Berdasarkan analisis dan interpretasi data dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksnakan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Sebagaiamana pemahaman siswa  mengalami peningkatan dari sebelum dilaksanakan PTK yakni pada ketuntasan klasikal hanya mencapai pada ketuntasan klasikal 39.02 namun setelah dilaksanakan pada siklus I dengan menggunakan metode demonstrasi pertemuan 1 meningkat menjadi 75.61 kemudian ketuntasan kalsikal kembali meningkat pada siklus II yakni mencapai ketuntasan klasikal menjadi 92,68% atau dapat dikatakan pembelajaran tuntas dengan semua siswa mampu mencapai nilai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.
Bastomi. 1985. Berapresiasi Pada Seni Rupa. Semarang: Universitas Negeri
Semarang Press
Hardini, Isriani. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta. Group Relasi Inti Media.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk, 2006, “Strategi Belajar Mengajar”, Jakarta, Rineka cipta.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidian dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Rineka Cipta.
Ngalim Purwanto 2003 . Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja rosdakarya
Nunuk Suryani. 2012. Strategi Bwlajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 81A Tahun 2005
Rondhi, Moh. dan Anton Sumartono. 2002. Tinjauan Seni Rupa 1. Semarang:
Universitas Negeri Semarang
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunaryo, Aryo. 2002. Nirmana I. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Tim Abdi Guru. 2007. Seni Budaya SMP Kelas VII. Demak: Erlangga
Udin S. Winataputra. 2001. Srategi Belajar Mengajar. Pusat Penerbitan: Universitas Terbuka
Published
2018-06-26
How to Cite
Suryati, E. (2018). IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI RUPA DI KELAS IX.7 SMP NEGERI 21 PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 144-149. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1082