PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK PIDATO DENGAN METODE TANYA JAWAB SISWA KELAS IX. 2 SMP NEGERI 21 KOTA PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode Tanya jawab dapat meningkatkan kemampuan menyimak pidato siswa kelas IX . 2 SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru. Adapun penelitian ini dimulai pada bulan Agustus 2015 hingga selesainya penelitian ini. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data berupa observasi kemampuan menyimak anak. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan terhadap penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak pidato dengan metode tanya jawab pada siswa kelas IX.2 SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru. Rata-rata siswa pada tes awal dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 62 dan pada siklus I naik menjadi 71,6 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II kemampuan rata-rata siswa juga dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 82.8, tetapi dengan ketuntasan 100%, dimana nilai ketuntasan siswa telah tercapi. Pernyataan di atas menunjukkan bahwa kemampuan menyimak pidato denga metode tanya jawab pada siswa kelas IX.2 SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru dapat ditingkatkan melalui metode tanya jawab. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi Peningkatan Menyimak Pidato Denga Metode Tanya Jawab Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru dapat “diterima
Downloads
References
Djamarah. 2000. Guru dan Anak didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E, 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.
Mukhtar dan Anilawati, 2006. Menyimak. Pekanbaru: Cendikia Insani
Nurhadi, dkk. 2007. Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX. Jakarta: Erlangga
Razak, 2003. Bahasa Indonesia Versi Perguruan Tinggi. Pekanbaru: Autografika.
Roestiyah, 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Safari. 2005. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Apsi Pusat.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. :Jakarta. Kencana,