Upaya Peningkatan Kemampuan Mendengarkan Dongeng Melalui Teknik Simak Ulang Ucap Siswa Kelas VII.6 SMPN 21 Kota Pekanbaru

  • Sri Utami Indriani Putri SMPN 21 Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mendengarkan dongeng, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan kemampuan siswa kelas VII.6 kurang mampu membedakan bunyi kata antara konsonan dan vokal. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan dongeng siswa Kelas Kelas VII.6 SMPN 21 Kota Pekanbaru. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa mendengarkan dongeng mengalami peningkatan. Di mana dikatehui dari rata-rata nilai kemampuan siswa pada data awal adalah 76.4 (cukup) dengan ketuntasan 38.6% siswa atau 17 orang. Siklus pertama diperoleh rata-rata 79.4 (baik) dengan ketuntasan 65.9% siswa atau 29 orang. Hasil belajar siswa pada siklus kedua meningkat dengan rata-rata 83.2 (baik) dengan ketuntasan 44 siswa atau 100%. Dengan demikian penelitian ini dikatakan berhasil, karena lebih dari 85% siswa telah memperoleh nilai 78 – 100

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hasan, Alwi. 1992. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
KTSP. 2007. Panduan Lengkap KTSP. Yokyakarta: Pustaka Yudhisia.
Mukhtar dan Anilawati. 2006. Menyimak. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Razak. 2003. Bahasa Indonesia Versi Perguruan Tinggi. Pekanbaru: Autografika.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Kencana.
Slamet. 2007. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah dasar. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT. Penerbitan dan Percetakan UNS Press).
Tarigan, Djago, dkk. 2001. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim Penyusun EYD. 1975. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Balai Pustaka.
Wardani. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UT.
Yeti. 2009. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
Published
2018-06-25