PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA PENDEK (CERPEN) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IX.4 SMPN 21 PEKANBARU

  • Jun Irma SMPN 21 Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menceritakan kembali cerpen pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IX.4 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali cerpen pada pelajaran bahasa Indonesia dengan metode diskusi pada siswa kelas IX.9 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IX.9 SMPN 21 Pekanbaru  yang berjumlah 40 orang, tahun pelajaran 2016-2017. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen unjuk kerja dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.  Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan terhadap penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali cerita pendek  (cerpen) dengan metode diskusi terhadap siswa Kelas IX.4 SMPN 21 Pekanbaru. Rata-rata siswa pada tes awal dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 71,50, dengan nilai persentase ketuntasan 40% atau ada 16 siswa yang dinyatakan tuntas dan sisanya 24 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 60%, Pada siklus I, nilai kemampuan rata-rata siswa naik menjadi 78,13 dengan kategori sedang, dengan nilai persentase ketuntasan 65% atau dengan jumlah 26 orang siswa, Pada siklus II kemampuan rata-rata siswa telah dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata 88,13, tetapi dengan ketuntasan 85%, dimana nilai ketuntasan siswa telah tercapi. Pernyataan di atas menunjukkan bahwa kemampuan menceritakan kembali cerita pendek (cerpen) dengan metode diskusi siswa Kelas IX.4  SMPN 21 Pekanbaru  dapat ditingkatkan melalui metode diskusi, dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi: “Peningkatan Kemampuan menceritakan kembali Cerita Pendek (Cerpen) dengan Metode diskusi Siswa Kelas IX.4  SMPN 21 Pekanbaru  dapat “diterima”

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mustafa dkk. 2006. Berbicara. Pekanbaru: FKIP UNRI.

Mulyasa, 2007, Desain Pembelajaran, Bandung: Rosda Karya

Muhibbin Syah, 1995, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Santosa Puji dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.

Rostiyah, 2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Tarigan Djago dkk. 2001. Pendidikan Keterapilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

____________. 1998. Pendidikan Keterapilan Berbicara. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan Henry G. 1998. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Published
2018-06-25
How to Cite
Irma, J. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA PENDEK (CERPEN) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IX.4 SMPN 21 PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 61-67. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1092
Abstract viewed = 88 times
PDF downloaded = 161 times