PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII. 1 SMP NEGERI 21 KOTA PEKANBARU

  • Suriati Suriati SMPN 21 Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini  untuk menemukan tindakan yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn di Kelas VII. 1 di SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe True or False, yang dilaksanakan selama 1 bulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. 1 di SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru. Dengan jumlah siswa sebanyak 43 orang. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes tertulis dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe True or False  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn di Kelas VII. 1 di SMP Negeri 21 Kota Pekanbaru.  Keberhasilan ini disebabkan dengan penerapan pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe True or False menimbulkan interaksi yang bersifat terbuka dan langsung di antara sesama siswa, memberikan kepada para siswa waktu untuk berfikir dan merespons serta saling bantu satu sama lain sehingga siswa lebih banyak memiliki kesempatan untuk mengekspresikan pengalaman emosi yang menyenangkan. Dengan kondisi tersebut maka tingkat penerimaan siswa akan meningkat dan pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajarnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara,

Depdiknas, 2006, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta, Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas,.

Dimyati dan Mudjiono, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta,

Gimin, Dkk. 2005. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. FKIP. UNRI.

_________. 2006. Instrumen dan Pelaporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru. Makalah Pelatihan

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada,.
Published
2018-06-25
How to Cite
Suriati, S. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII. 1 SMP NEGERI 21 KOTA PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 74-83. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1094