PENERAPAN METODE TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.7 SMP NEGERI 21 PEKANBARU

  • Rosnah Rosnah SMPN 21 Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa Kelas VIII.7 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode true or false siswa Kelas VIII.7 SMP Negeri 21 Pekanbaru, yang dilaksanakan selama 1 bulan. Sebagai Subjek dalam Penelitian ini adalah siswa Kelas VIII.7 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Jumlah siswa yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 39 orang siswa. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen hasil belajar dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penerapan metode True or False dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Aktivitas guru pada siklus I mendapat skor 35 dengan kategori sempurna sedangkan pada siklus II mendapat skor 49 dengan kategori sangat sempurna. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 226 dengan kategori tinggi sedangkan pada siklus II mendapat skor 309 dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa pada siklus I mendapat rata-rata 72.6 dengan kategori tinggi sedangkan pada siklus II mendapat rata-rata 85.1 dengan kategori sangat tinggi. Pada siklus I ini belum dikatakan tuntas sedangkan pada siklus II penelitian telah tuntas atau berhasil dengan indikator keberhasilan 100% melebihi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk, 2006, Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara : Jakarta.
Ahmadi, Abu dan Joko Tri Pasetya. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia. Bandung.
Gimin. 2001. Instrumen dan Pelaporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru. Makalah Pelatihan Pelaksanaan dan Pelaporan Penelitian Tindakan Kelas.
Hisyam Zaini, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD, 2007
Melvin L. Silberman. 2006. Active Learning. Bandung. Nusamedia
Muhibbin Syah. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosda Karya
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali pers
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana, Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Published
2018-06-25