Training in The Application Of Literative Discipline to Develop A Literative School Environment for Teachers In Semiurban, Urban and Rural Areas in Kupang City
Pelatihan Penerapan Disiplin Literatif Untuk Mengembangkan Lingkungan Sekolah Literatif Bagi Guru-Guru Pada Wilayah Semiurban, Urban, Dan Rural Di Kota Kupang
Abstract
Tujuan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah melatih guru-guru di kota Kupang menerapkan disiplin literatif agar dapat menciptakan lingkungan sekolah yang literatif. Asumsi penting bahwa rendahnya tingkat literasi siswa dan sekolah yang belum menjadi lingkungan yang literatif bagi siswa. Salah satu satu cara agar menjadikan sekolah sebagai lingkungan yang literatif adalah penerapan disiplin positif yang literatif atau disiplin literatif bagi siswa yang melanggar peraturan. Disiplin literatif merupakan cara yang dilakukan untuk memberikan sanksi/hukuman positif yang literatif bagi siswa. Disiplin literatif ini, sejauh ini belum pernah dilakukan di sekolah-sekolah kita di Kota Kupang baik di wilayah semiurban, urban, maupun rural. Oleh karena itu, guru-guru yang berpartisipasi dalam pelatihan ini diharapkan dapat menjadi model penerapan disiplin literatif di sekolah masing-masing. Sasaran yang diharapkan melalui PKM adalah: (1) terlaksananya pelatihan pembuatan/perumusan disiplin literatif. (2) terlaksananya diskusi intens untuk memvalidasi model disiplin literatif. Kegiatan PKM ini diikuti oleh 21 guru SD di kota Kupang. Kegiatan PKM ini berjalan dengan baik selama 2 hari dan menghasilkan 15 bentuk disiplin literatif bagi siswa yang melanggar aturan di sekolah baik untuk kelas rendah maupun kelas tinggi. Hasil evaluasi juga menunjukan 85% peserta memahami materi yang diberikan oleh narasumber
Downloads
References
Abdurahman, T., Firdaus, R., & Gunawan, A. (2023). Pengembangan Sumber Daya Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Melalui MGMP (Study di MTSS Sulamul Irfan Cibaliung-Pandeglang). Journal on Education, 5(4), 11174–11188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2047
Adlan Surya Saputra. (2023). Menumbuhkan Disiplin Diri Melalui Disiplin Positif Restitusi. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5666–5682. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1367
Bey Machmudin. (2017). Presiden: Pemerintah Gratiskan Bea Pos Kirim Buku Tiap Tanggal 17. Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/9656/presiden-pemerintah-gratiskan-bea-pos-kirim-buku-tiap-tanggal- 17/0/berita?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook
Dalimunthe, M. (2019). Pengelolaan Literasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Sabilarrsyad, IV(01), 104. https://core.ac.uk/download/pdf/337317397.pdf
Hidayah, L., & Setyo Widodo, G. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dan Lingkungan Kaya Teks Di Sekolah “Studi Asesmen Diri Sekolah Menengah Pertama Di Surabaya.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 178–185. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4289
Hidayat, N., Danarti, & Dawarti, S. (2016). Disiplin Positif: Membentuk Karakter tanpa Hukuman. The Progressive and Fun Education Seminar The Progressive and Fun Education Seminar, 471–477.
Robot, M. (2017). Ringkasan Kegelisahan Sosial di Aula Sejarah. Perkumpulan Komunitas Sastra Dusun Flobamora.
Robot, M., Margareta, K. M., Djahimo, S. E. ., Ande, A., Madu, A., Kette, E. S. S., Rimo, I. H. E., & Keon, Yohanes Fisher Mauritsius, D. (2019). Report : Survey on Violence againts Children and their Literation Ability of Elementary School Student in Kupang District, East Nusa Tenggara Province - A Basiline Study for School For Change Project (Joint Research between Save the Children and Nusa Cend.
Utari, N. K. S. E. (2023). Penerapan Disiplin Positif Melalui Kesepakatan Kelas Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2101
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515