Berwirausaha Trendy Melalui Digitalisasi Fotocopy

  • Dina Wulandari IAIN PEKALOGAN
  • Hendri Hermawan Adinugraha Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • M. Aris Safii Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • Shokhibul Mutaqin Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • Rizky Andrean Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
Keywords: digitalisasi, penduduk, wirausaha

Abstract

Indonesia membutuhkan 4 (empat) juta wirausahawan baru untuk mendorong penguatan struktur ekonomi. Saat ini jumlah wirausahawan masih sekitar 3,10% dari total populasi penduduk atau sekitar 250 juta jiwa. Wirausaha merupakan kemampuan kreatif dan inovatif yang selalu mengajarkan pelaku usahanya untuk jeli melihat peluang dan terbuka untuk masukan dari orang lain sehingga mampu memberikan perubahan positif yang mampu membawa perubahan positif bagi usaha yang kita jalani. Pengusaha memiliki kecenderungan untuk terus berinovasi dan memunculkan teknologi baru untuk memenangkan persaingan pasar dan meningkatkan daya saing bangsa. Selain itu, juga menciptakan banyak lapangan kerja sehingga angka pengangguran dapat ditekan. Patokannya adalah minimal 2% dari jumlah penduduknya harus berprofesi sebagai wirausaha. Dengan jumlah penduduk Negara kita adalah 250juta jiwa, maka Indonesia harus memiliki setidaknya 5 juta wirausaha.Tujuan dari pelaksanaan pengabdian melalui praktik pengalaman kerja dari rumah ini adalah menambah pengetahuan dan pemahaman bagi pemilik usaha tentang kewirausahaan yang baik dan benar. Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan pendekatan edukasi, pengabdian ditempat dan pendampingan usaha. Sedangkan luaran yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian ini adalah publikasi ilmiah pada jurnal ber-ISSN

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki Ranto, kewirausahaan, (Jakarta: Grafindo Persada,2007)

Desnelita, Y., Gustientiedina, Susanti, W., Nasien, D., & Putri, R. N. (2019). Pkms Pelatihan Desain Grafis Menuju Wirausaha Bagi Pemuda Rt.03 Rw.04 Kelurahan Umban Sari. DINAMISIA:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/3662/1967

Fred R.David, Manajemen Strategi, Edisi Bahasa Indonesia, (Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia, 2004)

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis, 2.

Nizho& Mohd, S. (2008). An Islamic approach to quality and productivity Quality management from Islamic perpective. Kuala Lumpur: Schlar Mind Publising.

Nor, H. (2012). Ethics and value in Busines for Muslim. Malaysia: Universiti Kebangsaan Malaysia.

Raharjo, D. B., & Trisyuliono, M. (2019, Maret 26). Menperin: Indonesia Butuh 4 Juta Wirausaha Baru untuk Penguatan Ekonomi. https://www.suara.com/bisnis/2019/03/26/175629/menperin-indonesa-butuh-4 juta-wirausaha-baru-untuk-penguatan-ekonomi (diakses tanggal 6 juli 2020 pukul 14.00 WIB)

Siregar, T. (2019, Maret 21). Jumlah Wirausaha di Indonesia Tembus 8 Juta Jiwa.

https://rri.co.id/ekonomi/651422/jumlah-wirausaha-di-indonesia-tembus-8-juta-jiwa (diakses tanggal 6 juli 2020 pukul 14.10WIB)

Walter. (2019). Jumlah Pengusaha di Indonesia Meningkat,. https://koinworks.com/blog/jumlah-pengusaha-di-indonesia-meningkat/ (diakses tanggal 6 juli 2020 pukul 14.20 WIB)

Published
2021-06-27
How to Cite
Dina Wulandari, Hendri Hermawan Adinugraha, M. Aris Safii, Shokhibul Mutaqin, & Rizky Andrean. (2021). Berwirausaha Trendy Melalui Digitalisasi Fotocopy. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 678-685. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4580
Abstract viewed = 480 times
PDF downloaded = 434 times