PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN KAWASAN PERDESAAN PADA USAHA BERBASIS KOMUNITAS DESA CIBOGO

  • Ambang Aries Yudanto Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Taufik Raharjo Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Roby S Ubed Politeknik Keuangan Negara STAN

Abstract

Desa Cibogo merupakan salah satu desa yang ada dalam wilayah Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang. Desa Cibogo terletak di lokasi yang sangat strategis karena berdampingan dengan kawasan modern Bumi Serpong Damai dan stasiun kereta rel listrik Cisauk. Namun ternyata dibalik fakta tersebut, pembangunan Desa Cisauk belum berdampak secara optimal terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk desa ini adalah dengan pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan atau Prukades. Selain itu juga dilengkapi dengan Penyuluhan mengenai Strategi Branding dan Pemasaran secara online. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini melewati 4 tahapan, yaitu Preliminary Survey, Penyuluhan Prukades dan Pemasaran Online, Focused Group Discussion dan Konsultasi dan Evaluasi. Hasil dari kegiatan Pengabdian masyarakat ini dapat memberikan dampak sesuai dengan yang diharapkan, Hal ini tercermin daro adanya peningkatan pengetahuan atau aspek kognitif masyarakat mengenai Prukades, pemasaran online, maupun pentingnya sebuah kemasan dan merek dalam sebuah produk. Selain itu, dari sisi afektif atau ikap, muncul keinginan dari masyarakat untuk berusaha secara lebih kolektif berbasis komunitas Desa. Dari segi psikomotoris, peserta langsung bisa mempraktikkan pemasaran online yang telah disimulasikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryadji. (2017, November 7). Cara Mengusir Kemiskinan di Desa: Prukades! Retrieved from http://www.berdesa.com/cara-mengusir-kemiskinan-desa-prukades/

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tangerang. (2018). Kecamatan Cisauk dalam Angka tahun 2018. Tangerang: BPS Kab Tangerang.

Kementerian Desa PDTT. (2019, Februari 12). Produk Unggulan Kawasan Perdesaan. Retrieved from http://prukades.kemendesa.go.id/lpage/

Shirisa, M. (2018). Digital Marketing Importance in the New Era. International Journal of Engineering Technology Science and Research, vol 5 no 1, 612-617.

Widjajanti, K. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, vol 12 no 1, 15-27.

Published
2018-12-31
How to Cite
Yudanto, A. A., Raharjo, T., & Ubed, R. S. (2018). PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN KAWASAN PERDESAAN PADA USAHA BERBASIS KOMUNITAS DESA CIBOGO. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 341-346. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.2297
Abstract viewed = 129 times
PDF downloaded = 96 times