PENERAPAN CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BAWANG GORENG PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KELURAHAN TANGKERANG TENGAH KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU

  • Esthy Rahman Asih Esthy Poltekkes Kemenkes Riau

Abstract

Bawang merah goreng hingga kini masih menjadi andalan Pekanbaru dalam pembangunan perekonomian daerah. Untuk menghasilkan produk yang bermutu, aman dan layak dikonsumsi dibutuhkan cara produksi pangan yang baik bagi industri rumah tangga pangan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para pelaku usaha bawang goreng dalam penerapan Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB).

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dari bulan April-Juli 2018 di dua Industri Rumah Tangga bawang goreng yang terletak di Kelurahan Tangkerang Tengah ,Pekanbaru. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan metode Focus Group Discussion (FGD), pre test dan post test, penyuluhan, praktik pengolahan bawang goreng dan evaluasi kegiatan serta advokasi.

Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini pengetahuan responden sebelum dilakukan penyuluhan adalah cukup, yaitu sebesar 69,71% dan setelah dilakukan penyuluhan pengetahuan responden adalah baik sebesar 82,06%. Responden yang mengalami kenaikan skor pengetahuan setelah diberi penyuluhan sebanyak 21 orang (61,76%). Sikap responden sebelum maupun sesudah penyuluhan bernilai baik, skor sebelum penyuluhan adalah 84,12% dan setelah penyuluhan adalah 95,59%. Perilaku responden sebelum dilakukan penyuluhan masih negatif dengan nilai 43,4% dan setelah dilakukan penyuluhan perilaku responden menjadi baik dengan nilai 80,21%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ankafia, A. (2013). Analisis Kelayakan Usaha Industri Rumah Tangga Bawang Goreng di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Skripsi.
Avita, Y. D. Y. N., Pujiati, R. S., & Khoiron. (2015). Analisis Kondisi Sanitasi Industri Rumah Tangga ( IRT ) Tape Singkong di Kabupaten Bondowoso. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa.
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 2003. Pedoman Sertifikasi Produk Pangan Industri Rumah Tangga. BPOM RI. Jakarta.
Depkes RI. 2009. Klasifikasi Umur Menurut Kategori. Dirjen Yankes. Jakarta.
Faizin, A., & Winarsih. (2008). Hubungan Tingkat Pendidikan dan Lama Kerja Perawat Dengan Kinerja Perawat di RSU Pandan Arang Kabupaten Boyolali. Berita Ilmu Keperawatan, 1(3), 137–142.
Fatmawati, S., Rosidi, A., & Handarsari, E. (2013). Perilaku Higiene Pengolahan Makanan Berdasarkan Pengetahuan Tentang Higiene Mengolah Makanan Dalam Penyelenggaraan Makanan di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Jawa Tengah. Jurnal Pangan Dan Gizi, 04(08), 45–52.
Handayani, N. M. A., Adhi, K. T., & Duarsa, D. P. (2015). Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Penjamah Makanan dalam Penerapan Cara Pengolahan Pangan yang Baik pada Industri Rumah Tangga Pangan di Kabupaten Karangasem. Public Health and Preventive Medicine Archieve, 3(1), 194–202.
Iriani. (2007). Pengendalian Kualitas Bawang Merah Goreng Industri Rumah Tangga. Jurnal Teknik Kimia, 1(2), 90–94.
Kereh, P. S., Tomastola, Y., & Masengi, A. J. R. (2013). Studi Tentang Pengetahuan, Perilaku dan Kebersihan Penjamah Makanan di Instalasi Gizi BLU RSUP Prof.Dr. R.D Kandou Manado. Gizido, 5(1), 20–27.
Marlyana, N., Fatmawati, W., & Amalia, N. (2012). Usulan Perbaikan Proses produksi Berdasarkan Pendekatan Sistem HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) (Studi Kasus Pembuatan Kue Kroket di Toko Roti dan Kue “Rapi” Semarang). In SNST Ke-3 (pp. 45–51).
Mulyani, R. (2014). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Higiene Pengolahan Makanan. Jurnal Keperawatan, X(1), 6–12.
Notoatmodjo, S. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Pasanda, A. (2016). Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Penjamah Makanan Sesudah Diberikan Penyuluhan Personal Higiene di Hotel Patra Jasa Semarang. Skripsi.
Sasi RWD. (2017). Peluang Bisnis Bawang Goreng Pekanbaru. https://www.ukmriau.com.
Totelesi, H. (2011). Tinjauan Pengetahuan, Sikap dan Praktek Penjamah Makanan Tentang Keamanan Pangan dan Sanitasi di Rumah Makan Sekitar Kampus IPB Darmaga. Skripsi.
Triandini, F. A. (2015). Pengetahuan, Sikap Penjamah Makanan dan Kondisi Higiene Sanitasi Produksi Otak-Otak Bandeng di Kabupaten Gresik. E-Journal Boga, 04(2).
Published
2019-12-23
How to Cite
Esthy, E. R. A. (2019). PENERAPAN CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BAWANG GORENG PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KELURAHAN TANGKERANG TENGAH KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 221-227. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3229
Abstract viewed = 35 times
PDF downloaded = 62 times