PENDAMPINGAN PEMBUATAN STUDENTS’ BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

  • Budianto Hamuddin Universitas Lancang Kuning
  • Dahler Dahler Universitas Lancang Kuning
  • Indah Muzdalifah Universitas Lancang Kuning
  • Syaifullah Syaifullah Universitas Lancang Kuning
Keywords: Persepsi, Blog, Mahasiswa

Abstract

Artikel ini berbagi hasil evaluasi dari sebuah pendekatan inovatif yang coba diterapkan di jurusan bahasa Inggris FKIP Unilak, dimana  persepsi pengguna blog yakni mahasiswa di dua semester yang berbeda akan menjadi titik fokus dalam penelitian ini. Blog merupakan homepage interaktif yang mudah untuk dikelola memungkinkan siswa untuk terlibat dalam kegiatan online, sehingga memperluas kegiatan pembelajaran bahasa mereka melebihi jika belajar didalam kelas. Blogging bisa juga mendorong proses pembelajaran yang lebih otonom. Temuan dari survei sikap dan persepsi yang dilakukan selama dua semester dengan sebelas kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 168 akan tetapi dalam masa pengumpulan data dari angket online terdapat 145 mahasiswa yang mengisi angket yang terdiri dari 127 mahasiswa jurusan bahasa Inggris serta 18 mahasiswa dari group ekskul Blogger yang terdiri dari jurusan yang berbeda-beda.  Dari hasil analisis data  menunjukkan bahwa mereka memiliki persepsi yang  positif dan mendukung penggunaan blog sebagai media atau strategi pembelajaran peningkatan kemampuan bahasa Inggris di dalam kelas mereka

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-30
How to Cite
Hamuddin, B., Dahler, D., Muzdalifah, I., & Syaifullah, S. (2017). PENDAMPINGAN PEMBUATAN STUDENTS’ BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 54-60. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.414
Abstract viewed = 459 times
PDF downloaded = 275 times