Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Pemasaran Toko Roti Di Pabian Sumenep

  • Taufik Rahman Universitas Jember
  • Yudha Nurdian Universitas Jember
Keywords: Covid-19, Roti, Wirausaha, Pemasaran Digital

Abstract

Adanya pandemi virus covid-19 di Indonesia sejak bulan maret 2020 lalu sangat terasa dampaknya pada sektor perekonomian di Indonesia, tak terkecuali pada desa Pabian Kabupaten Sumenep. Masyarakat terkena dampak seperti kehilangan pekerjaan, daya beli masyarakat pun berkurang. Begitu juga dengan pendapatan sebagian masyarakat di desa Pabian yang sebagian bermata pencaharian sebagai pedagang. Alhasil dagangan menjadi sepi pelanggan karena adanya kebijakan sosial distancing yang membuat masyarakat membatasi diri untuk keluar rumah. Keadaan tersebut membuat perekonomian masyarakat di desa Pabian terganggu. Contohnya pada salah seorang masyarakat yang memiliki usaha roti rumahan Warung Soeka. Melalui program KKN UNEJ back to village ini, diharapkan mampu membantu masyarakat bertahan dalam masa pandemi ini maupun untuk periode yang berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi digital. Hal ini bisa dilakukan dengan mengembangkan inovasi pembuatan roti yang bervariasi, pengemasan yang baik, serta penjualan yang efektif dengan memanfaatkan digital marketing pada E-commerce maupun media sosial sebagai sarana strategi penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananta Kusuma Y. P., Oktavima W., Magdalena P. N. (2020). Pendampingan dan Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Produktivitas Usaha Mikro Gula Semut. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 275-284.

Garaika. Fauzi. Muslihudin, M. (2020). Pengenalan Mobile Commerce Pada Anggota Koperasi Gentiaras Untuk Meningkatkan Penghasilan Rumah Tangga. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 300-305.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. Mileva. L, Fauzi. A. (2018). Pengaruh Social Media marketing Terhadap Keputusan Pembelian.

Jurnal Administrasi Bisnis, 190-199.

Martinus M., Stephanie P. A., Andreas H. T. N. (2020). Pembangunan Sistem Informasi Penjualan Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Studi Kasus : Pahala Fotokopi dan Digital Printing). Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 95-105.

Pemerintah Desa Pabian. (2020, Agustus 7). Grafik Statistik Desa. Retrieved from Desa Pabian kecamatan Kota Kabupaten Sumenep: http://ds- pabian.sumenepkab.go.id/web/c_statistik_pekerjaan

Renny S. D., Oki A. C. D., Rizky N. (2019). Perancangan dan Implementasi Sistem E-commerce pada UMKM Batik di Kabupaten Jombang. Dinamisia - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 36-43.

Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan, 26-34.

Siska C. N., Kintoko, Puji H. P. (2020). Inovasi Kemasan dan Perluasan Pemasaran Usaha Rempeyek di Yogyakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6-11.

Susetyarsi, T. (2012). Kemasan Produk Ditinjau DAri Bahan Kemasan,Bentuk Kemasan dan Pelabelan Pada Kemasan dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Minuman Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang.

Syukrianti Mukhtar, M. N. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal sosial Humaniora.

Published
2021-06-27
How to Cite
Rahman, T., & Nurdian, Y. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Pemasaran Toko Roti Di Pabian Sumenep. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 645-650. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4727
Abstract viewed = 3001 times
PDF downloaded = 12111 times