Pelatihan Mendeley Bagi Para Peneliti Muda Kota Pekanbaru

  • Muthia Anggraini Universitas Lancang Kuning
  • Alfian Saleh Universitas Lancang Kuning
Keywords: Mendeley, Sitasi, Daftar Pustaka

Abstract

Penggunaan referensi atau citation manager seperti mendeley yang sudah mulai digalakkan bagi mahasiswa yang sedang menyusun Tugas Akhir, dapat mempermudah mahasiswa merevisi proposal atau Tugas Akhirnya dan dapat memahami lebih dalam lagi revisi Tugas Akhir. Dalam pengerjaan Tugas Akhir mahasiswa terbatas dalam mengakses referensi populer. Mahasiswa yang tergabung dalam grup research Tugas Akhir  masih banyak yang kewalahan dan bahkan ada sebagian yang belum mengetahui tentang aplikasi Mendeley. Pada kegiatan pengabdian yang akan dilaksanakan pada Young Reasearcher  Kota Pekanbaru, maka kami selaku tim pengabdian memberikan solusi yaitu memberikan pelatihan penggunaan aplikasi mendeley. Hasil yang didapat dari pelatihan ini adalah kegiatan pengabdian ini berlangsung dengan lancar, sesuai dengan waktu yang ditentukan serta  mendapatkan perhatian yang baik serta respon positif dari seluruh peserta pelatihan. Peserta bisa menggunakan aplikasi mendeley dengan baik yaitu mulai dari menginstal software mendeley pada laptop, bisa melakukan pendaftaran atau pembuatan akun pada laman mendeley, bisa mensinkronisasikan mendeley dengan mocrosoft word melalui fitur Install MS Word Plugin, bisa melakukan penelusuran pustaka yang dilakukan secara daring, dan terakhir bisa membuat daftar pustaka secara otomatis dengan gaya sitasi yang disesuaikan. Kesimpulannya kuisoner sebelum pelatihan dimana jawaban yang paling dominan adalah 46,47% peserta pernah mendengar tentang mendeley. Untuk kuisoner setelah pelatihan 100% peserta memahami penggunaan aplikasi dan bisa menggunaan aplikasi mendeley

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, I. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 3(2), 175–192.

Djamaris, A. R. A. (2017). Panduan Penggunaan Mendeley (Versi 1.17.10). In Jakarta. Universitas Bakrie.

Imam, M., Astuty, S., Samsir, A., Basra, A., & Albi, M. F. (2019). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pembangunan Indonesia ( STIE-PI ) Makassar Dalam Penulisan Karya Ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makasar, 414–417.

Istiana, P. (2013). Membuat Sitasi dan Daftar Pustaka. Workshop Literasi Informasi Bagi Pustakawan, 1, 8.

Kosasi, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley desktop Mengelola Referensi Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa. SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat, 64–74.

Ngibad, K. (2020). Pelatihan Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Fikes Umaha Di Masa Pandemi Covid-19. Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara, 2(1), 110–116.

Pahmi, Ardiya, Syahputra, W., Wibowo Prasetyo, A., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan Penggunaan Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru SMA Handayani Pekanbaru. Pengabdian Untuk Mu Negeri, 2(2), 35–39.

Patak, A. A., & Akib, E. (2015). Hindari plagiat dengan Mendeley (M. B. Jafar (ed.)). Universitas Negeri Makasar.

Pramiastuti, O., Rejeki, D. S., & Pratiwi, A. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Sitasi Karya Ilmiah Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(1), 24–30.

Triyanto, T., Yana, R. H., & Nurkhalis, N. (2020). Pelatihan Mendeley Pada Mahasiswa Universitas Teuku Umar. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 7–21.

Yusdita, E. E., & Utomo, S. W. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Sebagai Reference Tool Pada Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unipma. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 36

Published
2021-12-28
How to Cite
Anggraini, M., & Alfian Saleh. (2021). Pelatihan Mendeley Bagi Para Peneliti Muda Kota Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1413-1420. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.7774
Abstract viewed = 400 times
PDF downloaded = 484 times

Most read articles by the same author(s)