PERENCANAAN DIMENSI EKONOMIS SALURAN PRIMER DAERAH IRIGASI (DI) BUNGA RAYA

  • Virgo Trisep Haris Universitas Lancang Kuning
  • Alfian Saleh Universitas Lancang Kuning
  • Muthia Anggraini Universitas Lancang Kuning
Keywords: DI Bunga Raya, Saluran primer

Abstract

Tahun 2001 pemerintah membuka suatu wilayah transmigrasi di daerah Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak Sri Indrapura Provinsi Riau. Pada tahun 2001 itu juga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau membangun jaringan irigasi dengan memanfaatkan sumber air dari Sungai Siak Kecil dan Danau Tasik Air Hitam, yang kemudian daerah tersebut dinamakan Daerah Irigasi (DI) Bunga Raya. Saluran yang dibangun untuk mengairi daerah pertanaman pada DI Bunga Raya ini masih berupa saluran tanah. Kondisi tanah yang labil dan arus aliran air yang dapat membawa atau mengikis keliling basah saluran, lambat laun dapat mengakibatkan kondisi saluran menjadi rusak yang akhirnya akan berpengaruh pada debit aliran yang tentunya akan mengganggu penyaluran air untuk kebutuhan pertanaman. Saluran sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesesuaian antara kebutuhan dan suplai air, maka kondisi saluran perlu mendapat perhatian sebagai upaya untuk dapat mempertahankan keberlanjutan kegiatan bercocok tanam di DI Bunga Raya, sehingga pembukaan lahan pertanian di daerah tersebut dapat sesuai dengan rencana pemerintah untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. Salah satu upaya untuk menjamin fungsi saluran adalah membuat saluran menjadi permanen, untuk itu perlu dilakukan perencanaan agar saluran memiliki dimensi ekonomis sesuai dengan debit yang diairkan. Dimana dari data didapat dimensi saluran yang ada tidak ekonomis, dan dimensi saluran yang ekonomisnya adalah lebar dasar saluran (b) 2,628 m  serta ketinggian air disaluran (y) 3,17 m, lebar permukaan air (Ta) 8,968 m , dan lebar atas saluran (Ts) 10,468 m.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chow V.T., 1985, Hidrolika Saluran Terbuka, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Eriyandita D., 2013, Perencanaan Saluran Irigasi Desa Sontan Ulu Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kertanegara, Jurnal Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945, Samarinda.
Fox RW., & Donald A.T., 1985, Introduction to Fluid Mechanics, Jhon Wiley & Sons, New York.
Kodoatie R.J., 2002, Hidrolika Terapan-Aliran Pada Saluran Terbuka dan Pipa, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Panjaitan D., & Hasibuan S.H., 2011, Kajian Dimensi Saluran Primer Eksisting Daerah Irigasi Sungai Tanang Kabupaten Kampar. Jurnal Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Riau, Pekanbaru.
Putra F.S., 2014, Studi Perencanaan Tata Air Rawa Lasolo Kabupaten Konowe Utara Sulawesi Tenggara. Jurnal Fakultas Teknik Jurusan Teknik Pengairan Universitas Brawijaya, Malang.
Saraostarik M., 2015, Tinjauan Efektifitas Debit Jaringan Irigasi Kecamatan Bunga Raya.Kabupaten Siak Sri Indrapura, Tugas Akhir, Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru.
Soedrajat S., 1983, Mekanika Fluida dan Hidrolika, Penerbit Nova, Bandung.
Triatmojo B., 1993, Hidraulika Jilid II, Beta Offset, Yogyakarta.
Published
2016-04-01
How to Cite
Haris, V. T., Saleh, A., & Anggraini, M. (2016). PERENCANAAN DIMENSI EKONOMIS SALURAN PRIMER DAERAH IRIGASI (DI) BUNGA RAYA. SIKLUS: Jurnal Teknik Sipil, 2(1), 47 -. https://doi.org/10.31849/siklus.v2i1.294
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>