Analisis Kerusakan Jalan Metode SDI Taluk Kuantan - Batas Provinsi Sumatera Barat

  • Gesvi Aptarila Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
  • Fadrizal Lubis Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
  • Alfian Saleh Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
Keywords: Muatan Berlebih, SDI, tingkat kerusakan

Abstract

Jalan Lintas Taluk Kuantan Batas Provinsi Sumatera Barat ini berada di Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (lintas tengah), merupakan jalan nasional yang menghubungkan Provinsi Riau, Jambi dan Sumatera Barat, yang terdapat kerusakan pada badan jalan, dimana kendaraan berat bermuatan lebih atau yang melebihi batas beban maksimum sering melewati ruas ini yang mengakibatkan kerusakan pada permukaan jalan sehingga menimbulkan permasalahan seperti, penurunan kecepatan, waktu tempuh dan dapat mengancam keselamatan pengendara (kecelakaan). Tujuan dari penelitian di jalan Taluk Kuantan – Batas Provinsi Sumatera Barat adalah untuk mencarinilai Surface Distress Index (SDI) pada kajian penelitian sepanjang 2,4 km. Hasil perhitungan dari penelitian adalah persentase tingkat kerusakan yang terdapat pada jalan tersebut : retak 82,5%, berlubang 59%, dan bekas roda 17,4%. Tingkat kerusakan pada struktur jalan yang diteliti mecapai 133,3 %. Nilai SDI pada segmen I dan segmen IV didapat nilai SDI sebesar 105 dan segmen II, segmen III, segmen V dan segmen VI didapat nilai SDI sebesar 135. Dengan rata-rata nilai SDI antara 100 – 150 sehingga tingkat kerusakannya termaksud dalam kondisi rusak ringan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ichsan, (2014), Studi Evaluasi Tingkat Kerusakan Permukaan Jalan Untuk Menentukan Jenis Penanganan Dengan Sistem Penilaian Menurut Bina Marga (Studi Kasus : Ruas Jalan Bireuen – Takengon), Tesis, Universitas Syiah Kuala, Aceh.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan, Jakarta.

Pekerjaan Umum Departemen, (1997),Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota,Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Pekerjaan Umum Departemen, (2011), Manual Konstruksi dan Bangunan Tentang Tata Cara Pemeliharaan Jalan,Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta.

Rafiko, Y., Aman, M.Yb., Suraji, A., &Halim, A., (2019),Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI)dan Surface Distress Indek (SDI), Proceeding Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) 2019.

Ramdhani, F., (2017), Penilaian Kondisi Perkerasan Pada Jalan S.M. Amin Kota Pekanbaru Dengan Perbandingan Metode Bina Marga dan Metode Pavement Condition Index(PCI), Jurnal Teknik Sipil (RACIC), 2(1), 17-30.

Rondi, M., (2016), Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Serta Alternatif Penangananya, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Sari, D., Sukmawati, S., & Hasanuddin, A., (2019), Perbandingan Nilai Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode PCI (Pavement Condition Index) dan Metode IRI (International Roughness Index) Pada Jalan Kelas II Kabupaten Lumajang, Jurnal Rekayasa Sipil dan Lingkungan, 3(2), 113-122.

Tho’atin, U., Setyawan, A., dan Suprapto, M., (2016), Penggunaan Metode Internal Roughness Index (IRI), Surface Distress Index (SDI) dan Pavement Condition Index (PCI) Untuk Penilaian Kondiri Jalan di Kabupaten Wonogiri, Prosiding Semnastek 2016.

Udiana, I.M., Saudale, A.R., & Pah, J.J.S., (2014), Analisis Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan W.J. Lalamentik dan Ruas Jalan Gor Flobamora), Jurnal Teknik Sipil, 3(1), 13-18.

© 2020 Siklus Jurnal Teknik Sipil All rights reserved. This is an open access article distributed under the terms of the CC BY Licens(http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/)

Published
2020-10-05
How to Cite
Aptarila, G., Lubis, F., & Saleh, A. (2020). Analisis Kerusakan Jalan Metode SDI Taluk Kuantan - Batas Provinsi Sumatera Barat. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 6(2), 195 -203. https://doi.org/10.31849/siklus.v6i2.4647
Section
Articles
Abstract viewed = 209 times
pdf downloaded = 465 times