OPTIMALISASI AFFILIATE MARKETING SEBAGAI PELUANG BISNIS BAGI GENERASI MILENIAL
Abstract
Penggunaan gadget khususnya bagi remaja atau generasi milenial memiliki dampak positif, seperti mempermudah pekerjaan dan komunikasi. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan teknologi ini juga membawa dampak negatif. Salah satu aspek yang paling mengkhawatirkan adalah kecanduan smartphone. Kecanduan smartphone adalah fenomena yang berkaitan dengan penggunaan ponsel pintar yang tidak terkendali. Adapun hal yang mungkin dilakukan untuk mengurangi kecanduan smartphone adalah ikut aktif memberikan sosialisasi agar bijak dalam menggunakan smartphone. Bijak disini misalnya dapat dilakukan dengan memberikan batasan waktu terhadap aplikasi yang digunakan. Hal ini juga dikenal dengan kesejahteraan digital. Selain dengan manajemen waktu yang baik, penggunaan smartphone tid ak hanya dapat mempermudah namun juga bisa memberikan passive income bagi siswa SMA. Adapun hal yang mungkin dilakukan untuk mengurangi kecanduan smartphone adalah ikut aktif memberikan sosialisasi agar bijak dalam menggunakan smartphone. Selain itu, untuk mendapatkan passive income maka diberikanlah pelatihan Affiliate Marketing, dimana siswa SMA dapat memanfaatkan smartphone untuk mendapatkan passive income, selain itu juga agar penggunaan smartphone menjadi lebih produktif. Metode pelaksanaan melibatkan pemateri yang memberikan informasi, simulasi, praktik, diskusi, dan evaluasi dengan kuesioner. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu peningkatan pengetahuan siswa dari 11,56% menjadi 91,92%. Hasil praktik siswa menunjukkan potensi pendapatan sampingan melalui affiliate marketing.
Downloads
References
Afrilia, A. M. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran ‘Waroenk Ora Umum’ dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147-157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21
Anggraini, D., & Prasetyo, T. (2022). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif pada remaja di kota besar. Jurnal Komunikasi dan Media, 11(2), 134-145. https://doi.org/10.31227/osf.io/xyz12
Bangun, C. S., & Purnama, S. (2022). Optimalisasi pemanfaatan digital marketing untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89-98. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i2.826
Cha, S. S., & Seo, B. K. (2018). Smartphone use and smartphone addiction in middle school students in Korea: Prevalence, social networking service, and game use. Health Psychology Open, 5(1). https://doi.org/10.1177/2055102918755046
Erifiyanti, R., Pane, S. R. N., Trijayanti, A., & Simanjuntak, K. F. (2023). Pengaruh content marketing Shopee affiliate terhadap minat pembeli. Madani Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 214-225. https://doi.org/10.5281/zenodo.7952615
Hartono, B., & Wijaya, R. (2023). Strategi pemasaran digital pada UMKM di era digital 4.0. Jurnal Pemasaran dan Bisnis, 10(1), 45-57. https://doi.org/10.31227/osf.io/8xyz4
Jamun, Y. M., & Wejang, H. E. A. (2019). Pengaruh penggunaan gadget terhadap pola interaksi sosial siswa SMA di Kecamatan Langke Rembong. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(10), 1-7.
Laurentinus, Hengki, Sarwindah, O., Rizan, R., & Hamidah. (2022). Optimasi tipe affiliate digital marketing terhadap produk UMKM dengan model deskripsi clustering. JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4), 1709-1714. http://bajangjournal.com/index.php/JCI
Maulida, K., Edris, M., & Utomo, J. (2023). The influence of product reviews and content creators on purchase interest through affiliate marketing of Shopee e-commerce users in Kudus Regency. Journal of Finance and Business Digital, 2(3), 365-374. https://doi.org/10.55927/jfbd.v2i3.6016
Noersabila, E. L., et al. (2023). Mempromosikan produk Shopee affiliator marketing communication in promoting. Jurnal Inovasi Komunikasi dan Sosial (JIKA), 3, 1-12. https://doi.org/10.30656/jika.v3i2.6336
Rahman, F. (2022). Praktik affiliate marketing pada platform e-commerce dalam tinjauan hukum ekonomi syariah. Istidlal Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam, 6(1), 24-37. https://doi.org/10.35316/istidlal.v6i1.407
Sahilah, S., Sukoco, I., Jamil, N., Novel, A., & Safa'atul Barkah, C. (n.d.). Pengaruh afiliasi dalam pemasaran digital dan dampaknya terhadap penjualan pada PT Shopee International Indonesia.
Sahilah, S., Sukoco, I., Jamil, N., Novel, A., & Safa, C. (2023). Pengaruh afiliasi dalam pemasaran digital dan dampaknya terhadap penjualan pada PT Shopee International Indonesia. Jurnal Inovasi Pemasaran Digital, 13(1), 228-233.
Wibowo, A., & Suryadi, T. (2023). Analisis efektivitas iklan digital pada platform e-commerce di Indonesia. Jurnal Ekonomi Digital, 9(3), 289-301. https://doi.org/10.31227/osf.io/456cv
Yanti, I., Nasution, M. I. P., & Sundari, S. S. A. (2023). Peran Shopee affiliate terhadap peluang kerja. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(1), 23-26. https://doi.org/10.47233/jemb.v1i1.449