PENGEMBANGAN KONTEN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KOTA PEKANBARU
Abstract
Aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan berbagai aktivitas dan pekerjaan. Layanan Aplikasi berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan user dan perkembangan perangkat Teknologi Informasi. Salah satu kemampuan yang diberikan oleh Aplikasi adalah dalam layanan di bidang pendidikan. Berbagai layanan yang terkait dengan dunia pendidikan dapat dipermudah dengan keberadaan sebuah aplikasi. Penggunaan aplikasi untuk pendidikan akan membantu proses pembelajaran di MAN 4 Kota Pekanbaru. Dengan memanfaatkan aplikasi untuk membuat konten pembelajaran, pembelajaran yang dilakukan secara daring akan menjadi mudah dan menarik, sehingga apabila ada kendala atau hambatan pada proses pembelajaran tatap muka seperti dalam kondisi wabah Covid-19 pada saat ini, maka proses pembelajaran tetap dapat dilakukan, dimana guru dan siswa tidak harus berada di satu ruang belajar tertentu. Pelaksanaan kegiatan workshop dan pelatihan kepada 21 orang guru MAN 4 Kota Pekanbaru menggunakan aplikasi Powerpoint, Camtasia, Video Scribe dan Youtube, telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan aplikasi untuk mengembangkan konten bagi pembelajaran daring, khususnya pada aplikasi camtasia yang pada awalnya hanya 3 orang guru yang pernah mengenal aplikasi tersebut, pada akhir kegiatan, semua peserta dapat mengenal aplikasi camtasia.
Downloads
References
Costaner, L., Febriadi, B., & others. (2020). Pelatihan Dasar Membuat Aplikasi Android App Inventor Pada Sekolah Menengah Atas Saint Siak Sri Indrapura. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 525–530.
Derry, J. (n.d.). BOOK-Jan Derry-Vygotsky philosophy and education-Wiley Blackwell (2013).
Dhawan, S. (2020). Online learning: A panacea in the time of COVID-19 crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22.
Dhika, H., Destiawati, F., Surajiyo, S., & Jaya, M. (2021). Distance Learning During the Pandemic Period of COVID-19 with Zoom and Webex Comparison.
Diknas. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 20 TAHUN 2003TENTANGSISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (2003). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
George, M. L. (2020). Effective Teaching and Examination Strategies for Undergraduate Learning During COVID-19 School Restrictions. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 23–48.
Ghislandi, P. (2012). eLearning - Theories, Design, Software and Applications. eLearning - Theories, Design, Software and Applications. https://doi.org/10.5772/2533
Hall, R., & Greeno, J. G. (2012). Conceptual Learning. 21st Century Education: A Reference Handbook 21st century education: A reference handbook. https://doi.org/10.4135/9781412964012.n23
Holford, J. (2003). The Theory and Practice of Learning. The Theory and Practice of Learning. https://doi.org/10.4324/9780203465653
Joyce, B., & Weil, M. (2003). Models of Teaching Fifth Edition, 478. Retrieved from http://tb38o9ld86.download2.org/dl2.php?id=34346314&h=baabf1189c6a4e31ffcc842feee0f5e7&u=cache&ext=pdf&n=Models of teaching
Rodrigues, S. (2018). Ng Wan: New Digital Technology in Education: Conceptualizing Professional Learning for Educators. Technology, Knowledge and Learning (Vol. 23). https://doi.org/10.1007/s10758-015-9267-3
Siddiq, F., Gochyyev, P., & Wilson, M. (2017). Learning in Digital Networks – ICT literacy: A novel assessment of students’ 21st century skills. Computers and Education, 109, 11–37. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.01.014
Taslim, T., Toresa, D., & Djusar, S. (2017). Pengaruh Pengaplikasian E-learning Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus: Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Unilak). INOVTEK-Seri Informatika, 2(2), 182–188.
Trivantis. (2016). Making eLearning Accessible.