IBM KONTEN PROMOSI WISATA OKURA DIMEDIA SOSIAL

  • Roki Hardianto Universitas Lancang Kuning
  • Wirdahchoiriah Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning
  • Fana Wiza Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning
  • Eddissyah Putra Pane Universitas Lancang Kuning
Keywords: Wisata, Konten Promosi, Okura, Desa Wisata, Fasilkom, Unilak, Pokdarwis

Abstract

Pengabdian dilaksanakan di kelurahan Okura, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Pengabdian berfokus melakukan pelatihan membuat konten promosi wisata yang dapat digunakan sebagai media promosi di sosial media. Karena Okura merupakan kelurahan destinasi wisata yang dekat dengan kota Pekanbaru. Saat ini Okura memiliki beberapa destinasi wisata diantaranya taman bunga impian okura, wisata dakwah okura, susur sungai ukai, taman buah, dan destinasi wisata lainnya. Sejak pandemi covid-19, pelaku wisata okura merasa wisata tidak bergerak sehingga memerlukan penyegaran dalam pelaksanaan wisata di era new normal. Pelaku wisata di okura belum memiliki kemampuan IT dalam melakukan promosi secara online khususnya sosial media. Selama ini tenaga IT biasanya dari pihak ketiga, memang beberapa objek wisata sudah memilki tenaga IT sendiri, tetapi pengakuan pelaku wisata meraka memerlukan penyegaran lagi. Kedepannya Okura akan dijadikan desa binaan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning, hal ini sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini. Luaran dari kegiatan ini adalah konten promosi yang dipublish di sosial media official okura, jurnal pengabdian yang dipublikasi secara nasional, berita kegiatan pengabdian yang dipublikasi pada portal media online nasional.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88-92.

Anak Agung Gde Raka Dalem. (2021). Potential Of Butterflies As Ecotourist Attraction In Jatiluwih Area, Bali. Journal Of Tourism Destination And Attraction, 9(1), 6.

Amaliya Toha, R. (2021). Peran Desainer Grafis dalam Pembuatan Konten Instagram sebagai Promosi Kakakelas. com di PT Digital Intelektual Muda.

Anita Andriantini Mulia, H. K. (1967). Analisis Pemetaan Potensi Situs Bekas Keraton Mataram Kartasura Untuk Pengembangan Wisata Heritage Di Kabupaten Sukoharjo (Mapping Analysis Of The Potential Former Mataram Kartasura Palace For Development Of Heritage Tourism In Sukoharjo Regency). Journal Of Tourism Destination And Attraction, 8(2), 5–24.

Ardan Dimas Prawira, F. (2021). Peran Desainer Grafis dalam Pembuatan Konten Visual Terkait Promosi Kampus di Universitas Pertahanan RI.

Auliya, A. (2020). Kunci Sukses Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Jawa Barat. Journal Of Tourism Destination And Attraction, 8(2), 12–26.

Latianingsih, N., Mariam, I., & Susyanti, D. W. (2020). Creative And Innovative Community-Based Tourism Management In Tegal Waru, Bogor. International Journal Of Applied Sciences In Tourism And Events, 4(2), 109–114. Https://Doi.Org/10.31940/Ijaste.V4i2.2010

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Daud, I., & Siregar, M. I. (2021). Peningkatan Daya Saing UMKM di Era New Normal Melalui Strategi Pembuatan Konten Promosi Digital. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 5(2).

Rully Khairul Anwar, M. A. (2020). Strategi Kampanye “Kang Pisman” Pada Media Luar Ruang Di Wilayah Rekreasi Kota Bandung. Journal Of Tourism Destination And Attraction, 8(2), 99–105.

Valeriani, D., Wardhani, R. S., Dalimunthe, D. Y., Hartini, F., & Reeve, D. (2020). Infrastructure Readiness To Support Sustainable Tourism Destinations In Bangka Belitung Islands. International Journal Of Applied Sciences In Tourism And Events, 4(1), 12. Https://Doi.Org/10.31940/Ijaste.V4i1.1908

Published
2022-07-01
How to Cite
Hardianto, R., Wirdahchoiriah, Fana Wiza, & Eddissyah Putra Pane. (2022). IBM KONTEN PROMOSI WISATA OKURA DIMEDIA SOSIAL . J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(2), 134-141. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i2.9200
Abstract viewed = 55 times
PDF downloaded = 33 times

Most read articles by the same author(s)