PENDAMPINGAN MANAJEMEN WEB E-COMMERCE BINAAN BPEK (BADAN PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKAYATAN) RIAU

  • Roki Hardianto Universitas Lancang Kuning
  • Dodi Sukma R.A Universitas Lancang Kuning
  • Eddissyah Putra Pane Universitas Lancang Kuning
Keywords: E-Commerce, BPEK Riau, UMKM, Social Media, Promosi

Abstract

Pengabdian Masyarakat dilaksanakan kepada UMKM mitra BPEK (Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakayatan) yang tersebar di Provinsi Riau khsususnya di Kota Pekanbaru. Kegiatan dilaksanakan secara langsung dan pendampingan penggunaan e-commerce yang disediakan oleh BPEK https://warunkrakyat.com/. Karena secara umum pelaku UMKM belum mampu membuat produk bersaing secara global karena secara brand masih belum sesuai dengan permintaan pasar, kemudian secara promosi masih berbasis lokal dari mulut ke mulut. Peserta yang diutus merupakan perwakilan dari masing-masing mitra dari UMKM mitra BPEK tentang manajemen UMKM secara konvensional kepada UMKM berbasis digital. Dalam hal ini diajarkan cara promosi produk UMKM berbasis sosial media, karena sosial media merupakan platfom yang paling banyak digunakan. Luaran dari kegiatan ini adalah UMKM mempunyai pengetahuan tata kelola bisnis dan promosi yang bagus berbasis digital dan mampu menaikkan omset dari UMKM sehingga memajukan perekonomian masyarakat dan mensejahterakan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, Noor, Danang Mahendra, and Budi Lofian. "Pemanfaatan E-Commerce untuk Peningkatan Strategi Promosi dan Penjualan UMKM Tas di Kabupaten Kudus." E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 10, no. 1 (2019): 96-99.

Daulay, Zul Asfi Arroyhan. "Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dengan Metode Triple Helix (Studi Pada UMKM Kreatif di Kota Medan)." TANSIQ: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam 1, no. 1 (2018).

Dwijayanti, Andina, and Puji Pramesti. "Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19." Ikra-Ith Abdimas 4, no. 2 (2021): 68-73.

Fadly, Muhtad, and Agus Wantoro. "Model Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Dengan Kombinasi Pengelolaan Digital Asset Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan." In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, vol. 1, pp. 46-55. 2019.

Febriantoro, Wicaksono. "Kajian dan strategi pendukung perkembangan e-commerce bagi UMKM Di Indonesia." Jurnal Manajerial 17, no. 2 (2018): 184.

Hasan, Muhammad. "Pembinaan ekonomi kreatif dalam perspektif pendidikan ekonomi." Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEKPEND) Vol 1 (2018).

Mumtahana, Hani Atun, Sekreningsih Nita, and Adzinta Winerawan Tito. "Pemanfaatan Web E-Commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran." Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika 3, no. 1 (2017): 6-15.

Nasrudin, Edy. "Efektivitas sistem informasi manajemen dan akuntansi barang milik negara (SIMAK-BMN) terhadap pengelolaan aset negara." Jurnal Akuntansi Universitas Jember 13, no. 2 (2015).

Purnomo, Rochmat Aldy. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media, 2016.

Published
2023-01-07
How to Cite
Hardianto, R., Dodi Sukma R.A, & Eddissyah Putra Pane. (2023). PENDAMPINGAN MANAJEMEN WEB E-COMMERCE BINAAN BPEK (BADAN PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKAYATAN) RIAU. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 86-94. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i1.12027
Abstract viewed = 103 times
PDF downloaded = 75 times

Most read articles by the same author(s)