WORKSHOP PEMOGRAMAN PYTHON DASAR KEPADA SISWA SMKN 6 PEKANBARU
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk upgrade wawasan siswa-siswi terhadap kemampuan pemograman khususnya Pemograman Python Dasar kepada SMKN 6 Pekanbaru. Workshop ini dirancang untuk memberikan pemahaman dasar tentang bahasa pemrograman Python kepada siswa yang mungkin baru terpapar sedikit atau tidak memiliki pengalaman dalam pemrograman. Metode pelaksanaannya melibatkan implementasi workshop dengan menggunakan pendekatan praktis dan interaktif. Peserta workshop adalah siswa kelas XI SMKN 6 Pekanbaru dari jurusan Bisnis Digital. Selama workshop, peserta diberikan pengantar tentang konsep dasar pemrograman dan diajarkan keterampilan dasar menggunakan bahasa pemrograman Python, melalui praktek langsung di Labor Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning. Dalam pelaksanaan kegiatan terdapat sesi pengisian kuisioner oleh para siswa-siswi tujuannya untuk mengukur tingkat pemahaman terhadap tema workshop. Kuisioner juga dibagikan pada akhir sesi dengan tujuan untuk melihat tingkat serapan materi oleh siswa-siswi selama pelaksanaan kegiatan workshop. Analisis data melibatkan perbandingan hasil tes sebelum dan sesudah workshop untuk mengevaluasi peningkatan pemahaman siswa. Selain itu, tanggapan peserta workshop juga dianalisis untuk menilai keefektifan metode pembelajaran yang digunakan. Hasil kegiatan workshop ini diharapkan dapat memberikan wawasan meningkat tentang pemahaman siswa terhadap pemrograman Python dasar. Tujuannya untuk menjadi landasan awal bagi seoarang Bisnis Digital dalam mengelola laman promosi pada social media atau website. Selain itu temuan ini diharapkan dapat memberikan dasar bagi penyelenggaraan kegiatan serupa di masa depan untuk mendukung pengembangan keterampilan teknologi informasi di kalangan siswa SMKN 6 Pekanbaru.
Downloads
References
Diartono, D. A., Zuliarso, E., Sulastri, S., & Anis, Y. (2022). Pelatihan pemrograman berbasis komputasi awan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh bagi siswa SMK Negeri 4 Kendal. Jurnal Pengabdian Masyarakat INTIMAS (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi dan Komputer untuk Masyarakat, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.21580/jpmi.2021.2.2.6539
Haryanto, T., & Putri, N. K. (2021). Pelatihan pengembangan aplikasi berbasis web dengan framework Django untuk siswa SMK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 78-85. https://doi.org/10.21580/jpmi.2021.2.2.6539
Indriyanto, A., & Lestari, P. (2022). Peningkatan keterampilan pemrograman melalui pelatihan Python bagi guru di SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 12-18.
Kartika, R., & Fitriana, N. (2023). Implementasi pelatihan pengenalan data dan analisis menggunakan Python untuk siswa SMA. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 45-52.
Kuroki, M. (2021). Using Python and Google Colab to teach undergraduate microeconomic theory. International Review of Economics Education, 38(September), 100225. https://doi.org/10.1016/j.iree.2021.100225
Malang, S., Arifin, J., Andini, T. D., & Irsyada, A. E. (2009). Pelatihan pemrograman bahasa Python pada jurusan Perangkat Lunak dan Gim. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia, 2(2), 42–48. https://doi.org/10.26798/jpm.v2i2.880
Mulyono, A., & Wijayanti, I. (2021). Pelatihan pengembangan aplikasi mobile dengan React Native untuk membantu pembelajaran jarak jauh di SMK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Informasi, 2(1), 30-37. https://doi.org/10.21580/jpmti.2021.2.1.5214
Prasetyo, B., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan modul pembelajaran online berbasis Python untuk memperkuat literasi digital siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Pendidikan, 4(1), 55-63.
Rizal, A. A., Kharisma, L. P. I., & Fahrurrozi, F. (2021). Peningkatan efektifitas programming dengan pelatihan Python for Data Science bagi komunitas programming Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Anjani. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13-19.
Runimeirati, Abdul Muis, & Figur Muhammad. (2023). Pelatihan text mining menggunakan bahasa pemrograman Python. Abdimas Langkanae, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.53769/abdimas.3.1.2023.83
Saharuddin, S., & Wisnu Prihatmono, M. (2022). Pengenalan dan pelatihan dasar bahasa pemrograman Python pada siswa/i SMA Negeri 3 Makassar. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2233. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10569
Sari, I. F., & Kurniawan, R. (2023). Pemanfaatan pelatihan Python dalam meningkatkan keterampilan pemrograman bagi siswa SMK di Indonesia. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Inovasi Pendidikan, 1(2), 20-27.
Siradjuddin, H. K., & Muhammad, F. (2022). Pelatihan keterampilan bahasa pemrograman Python pada komunitas masyarakat Zona IT Ternate. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 5(1), 241-245.
Tribethran, S., Ferdynand, R., Saputra, A., & Pribadi, R. (2023). Pelatihan pemrograman dasar Python dengan memanfaatkan ChatGPT pada SMK Methodist 2 Palembang. Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).
Ulum, F., Gunawan, R. D., Abidin, Z., & Permata, P. (2023). Pelatihan pemrograman Python tingkat dasar di SMKN 7 Bandarlampung. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(3), 142–147. https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i3.209