EFISIENSI PEMASARAN JAGUNG MANIS DI KOTA PEKANBARU

  • HAMDAN YASID Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kata Kunci : efisiensi, pemasaran, jagung manis

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi saluran pemasaran jagung
manis yang terjadi di Kota Pekanbaru. Kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam
pemasaran komoditas jagung manis akan dikaji guna mendapatkan masukan bagi
perbaikan sistem pemasaran yang ada. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan
informasi dan kejelasan mengenai efisiensi pemasaran jagung manis yang terjadi di Kota
Pekanbaru. Dengan demikian kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam
pemasaran jagung manis dapat diketahui untuk perbaikan sistem pemasaran yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pemasaran jagung manis yang
digunakan sudah efisien. Hal ini tercermin dari persentase marjin, “farmers share”,
efisiensi pemasaran. Margin pemasaran terbesar diperoleh pedagang pengecer pada
saluran pemasaran II yaitu Rp 1.041,67 pertongkol dan margin pemasaran terkecil
diperoleh pedagang-pedagang besar pada saluran II dan III yaitu Rp 502,50 pertongkol.
Bila dilihat dari efisiensi pemasaran ketiga saluran, saluran I lebih efisien dibandingkan
saluran II dan III dimana efisiensi saluran I adalah Rp 20 persen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2008-02-01
How to Cite
YASID, H. (2008). EFISIENSI PEMASARAN JAGUNG MANIS DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Ilmiah Pertanian, 4(2), 8-17. https://doi.org/10.31849/jip.v4i2.1345
Section
Original Articles
Abstract viewed = 397 times
Full Text downloaded = 571 times