Penanggulangan Kemiskinan Melalui Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Cilegon

  • Bella Yuniar Putri DwiKartini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ayuning Budiati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Juliannes Cadith Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: strategi, pemberdayaan, pelaku usaha

Abstract

tujuan penelitian guna mendeeskripsikan bagaimana menanggulangi kemiskinan melalui strategi pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah di kota cilegon dan juga mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat dinas koperasi dan UMK kota cilegon dalam pemberdayaan usaha mikro kecil di kota cilegon. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deengan teknik analisis data menggunakan SWOT. lokasi penelitian dilakukan di dinas koperasi dan UMK kota cilegon. hasil penelitian ini yaitu, peneliti menemukan alternatif strategi baru dengan beberapa langkah yang dilakukan dengan menentukan kekuatan dan kelemahan internal dinas koperasi dan UMK serta menentukan peluang dan ancaman eksternal dinas yang kemudian dibuat analisis SWOT dari hasil kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman. peneliti menemukan lima alternatif strategi yang dapat diterapkan yaitu pengelolaan SDM dengan menggunakan teknologi informasi digital, kolaborasi dengan retail untuk meningkatkan permodalan bagi pelaku usaha, meningkatkan penguatan peran pendamping dalam program pemberdayaan UMKM dan menyusun anggaran untuk program khusus guna meningkatkan pemahaman pelaku usaha dalam pemanfaatan teknologi digital serta memanfaatkan SDM yang tersedia untuk membangun motivasi wirausaha dan sikap konsisten pada pelaku usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiny, P., & Nurjannah. (2018). Analisis Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai upaya Penanggulangan Kemiskinan di Kota Langsa. Jurnal Serambi Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 31–37.
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset (S. Zuhri (ed.); Kesatu). PUSTAKA PELAJAR.
Fajar, M., & Larasati, C. W. (2021). Peran Financial Technology (fintech) dalam Perkembangan UMKM di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Humanis (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(2), 702–715.
Hilmi, Marumu, M. N. H. D., Ramlawati, & Peuru, C. D. (2022). Pengaruh Jumlah Penduduk Dan Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Tolitoli. Growth: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 20–27.
Limanseto, H. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Siaran Pers.
Novita sari, A. (2022). Kontribusi UMKM terhadap Pertumubuhan Ekonomi Era Digitalisasi melalui Peran pemerintah. Journal of Applied Business and Economic (JABE), 9, 184–204.
Putriana. (2012). Stratgi Penanggulangan Kmiskinan Melalui Pembrdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Prada.
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa Msme The Pillar For conomy. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2).
Trisnawarman, D., Imam, M. C., Chan, J., & Dayanti, A. (2021). Pembuatan Aplikasi E-commerce Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Warung Bu Dhevi. Prosiding SENAPENMAS.
Published
2024-01-09
How to Cite
Bella Yuniar Putri DwiKartini, Ayuning Budiati, & Juliannes Cadith. (2024). Penanggulangan Kemiskinan Melalui Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Cilegon. Jurnal Niara, 16(3), 542-551. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.17126
Section
Articles
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 5 times