Supervisi Pengajaran Di Sekolah

  • Yahya Universitas Negeri Padang
  • Rini Agustin Universitas Negeri Padang
  • Suri Makhsura Universitas Negeri Padang
Keywords: Fungsi, Supervisi, Pengajaran, Pendidikan

Abstract

Supervisi  dipandang  sebagai  konsep  yang  patut  dikembangkan  dan  mendapat  prioritas  khusus  dalam  upaya  peningkatan mutu pendidikan. Supervisi merupakan hal yang penting dalam memantau efektivitas pengajaran di suatu sekolah. Supervisi oleh pihak manajemen sekolah sangat diperlukan untuk menjamin kesinambungan keunggulan kerja guru. Supervisi akan dapat membantu guru mengkoordinasikan kegiatan pengajaran dan menstimulasi guru untuk mencapai prestasi kerja yang unggul serta mampu mengembangkan potensi diri dan mengatasi kekurangan jika ada. Supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dapat membantu guru meningkatkan mutu pengajaran agar lebih efektif. Dengan supervisi, kepala sekolah bisa melihat lebih dekat apa yang sebenarnya terjadi di kelas sehingga kelemahan bisa diperbaiki dan praktik baik bisa diperkuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Library Research. Proses perolehan informasi difokuskan pada membaca dan mereferensikan buku, jurnal, makalah dan artikel tentang supervisi pengajaran. Semua informasi yang diperoleh akan digunakan oleh peneliti untuk menulis penelitian. Peneliti menggunakan metode kepustakaan dengan cara mengkaji bahan-bahan bacaan dan penelitian-penelitian terdahulu yang berkaitan dengan alih kode. Peneliti meneliti semua materi pada topik yang dipelajari peneliti. Selanjutnya bahan tersebut digunakan sebagai sumber bacaan dan referensi untuk membantu peneliti menghasilkan tulisan ilmiah yang lebih baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aedi, Nur. Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik. 2014. Jakarta: Rajawali Pres.
Atmodiwiryo, Soebagio, Manajemen Pengawasan dan Supervisi Sekolah (teori dan Praktik), Cet 1, Jakarta 2011
Affero Ismail dan Razali Hassan. (2012). The Basis of Supervisory Practice for Vocational Education and Training. Prosiding Seminar Pendidikan Pasca Ijazah dalam PTV Kali Ke-2, 13 Jun 2012.

Ahmad Rizali, Indra Djati Sidi & Satria Dharma. (2009). Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional. Jakarta: Grasindo.

Ajayi, L.J, dan Lee, S.K. (2005). Perception Difference Between Intern Teachers and University Supervisors on the Expectations and Preferences for the Fieldwork Program. Education. 126(2). 259-274.
Behlol, M.G., Yousuf, M.I., Parveen, Q. & Kayani, M.M. (2011). Concept of supervision and supervisory practices at primary level in Pakistan. International Education Studies. 4(4). 28-35.
Clark, A.O. &, Olumese, H.A. (2013). Effective supervision as a challenge in technical and vocational education delivery: ensuring quality teaching/learning environment and feedback mechanism. Basic Research Journal of Education Research and Review. 2(1). 6-15
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2017). The Basic Guide to Supervision and Instructional Leadership. (2nd ed.). Boston: Allyn and Bacon
Lin, R.L. (2013). Creative Figure Design in Technical and Vocational Education. International Conference on Education Technology and Management Science (ICETMS 2013).
Noor Azlan Ahmad Zanzali dan Lim W. M. (2011). Bimbingan Oleh Guru Pembimbing Kepada Guru Pelatih Universiti teknologi Malaysia (UTM). Journal of Educational Psycology and Counseling. 1. 59-76.
Osakwe, R.N. (2013). Supervisory Functions of Secondary School Principals and Factors Competing With These Functions. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). 1(3). 13-19.
Rashid Alabdulkareem. (2014). Differentiated Supervision Model: A Way of Improving School Leadership in Saudi Arabia. US-China Education Review B. 4(3). 186-192
Purwanto, M . Ngalim. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sahertian, Piet A. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (2007). Supervision: A redefinition (8th ed.). New York: McGraw-Hill.
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). (2007). Reforming School Supervision for Quality Improvement. Module. Paris: UNESCO
Published
2024-01-04
How to Cite
Yahya, Rini Agustin, & Suri Makhsura. (2024). Supervisi Pengajaran Di Sekolah. Jurnal Niara, 16(3), 484-494. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.17270
Section
Articles
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 6 times