Literature Riview : Implementasi Aplikasi M-Paspor Dalam Mewujudkan Digitalisasi Pelayanan Publik

  • Lili Suryani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning
  • Muchid Albintani Universitas Riau
  • Nurmala Sari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning
  • Anton Budi Dharma Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning
  • Achmad Fauzi Universitas Riau
Keywords: M paspor, Digitalisasi Pelayanan Publik, Implementasi, Efektivitas, Efisiensi

Abstract

Digitalisasi pelayanan publik sudah jadi prioritas di banyak negeri, tercantum Indonesia. Salah satu upaya buat mewujudkan perihal tersebut merupakan dengan mengimplementasikan layanan pembuatan paspor digital lewat aplikasi M- Paspor. Implementasi aplikasi ini dalam mewujudkan digitalisasi pelayanan publik jadi isu yang relevan buat dikaji. Penerbitan paspor ialah salah satu pelayanan publik berarti yang diberikan oleh kantor imigrasi, tetapi masih ada hambatan semacam antrian panjang serta prosedur yang rumit. Oleh sebab itu, butuh dicoba kenaikan mutu serta efisiensi pelayanan pembuatan paspor dengan menggunakan teknologi semacam aplikasi M- Paspor.

Sebagian riset sudah dicoba untuk penerapan pelayanan paspor di Indonesia. Riset menciptakan kalau pemakaian sistem registrasi antrian online bisa kurangi waktu tunggu serta tingkatkan kepuasan pelanggan. Pemakaian sistem data manajemen pula bisa tingkatkan mutu serta efisiensi pelayanan. Aplikasi M- Paspor diluncurkan oleh Ditjen Imigrasi RI buat memesatkan digitalisasi pelayanan paspor. Aplikasi ini menawarkan fitur- fitur semacam pembayaran PNBP, pengecekan status permohonan paspor, validasi NIK Dukcapil, serta penjadwalan ulang agenda kehadiran.

Walaupun aplikasi M- Paspor mempunyai sebagian keuntungan, semacam memesatkan proses penerbitan paspor serta tingkatkan akurasi dan keamanan data, ada pula sebagian tantangan yang butuh diatasi. Tantangan tersebut antara lain aksesibilitas teknologi yang masih terbatas, proteksi data orang yang sensitif, serta inklusivitas untuk masyarakat yang mempunyai keterbatasan ataupun kebutuhan spesial.

Dalam riset ini, digunakan tata cara literatur review buat mengkaji implementasi aplikasi M- Paspor dalam mewujudkan digitalisasi pelayanan publik. Pencarian literatur dicoba dengan memakai string pencarian yang cocok dengan tujuan riset. Hasil riset diharapkan bisa membagikan uraian lebih lanjut tentang manfaat, tantangan, serta langkah- langkah yang bisa diambil buat membenarkan keberlanjutan serta daya guna program M- Paspor dalam menunjang digitalisasi pelayanan publik secara lebih luas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, Y., Luluk Latifah, & Iskandar Ritonga. (2022). Systematic Literature Review: Kebijakan Pemerintah terhadap Penyaluran Dana Bantuan Sosial Bagi Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 17(1), 59–74. https://doi.org/10.47441/jkp.v17i1.241
Atthahara, H. (2013). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government : Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas. JURNAL POLITIKOM INDONESIANA, 3(1), 66–77.
Harmitalia, M., Irawan, B., & Khaerani, T. R. (2021). Volume 2 Nomor 2 November 2021 EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENERAPAN APLIKASI PENDAFTARAN ANTRIAN PASPOR ONLINE DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI KOTA adanya penerapan pelaksanaan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online atau yang biasa dikenal dengan sebuta. JPBM (Journal of Policy & Bureaucracy Management), 2(November), 103–114.
Maharani, B. (2019). EFEKTIVITAS ALUR ANTRIAN PERMOHONAN PASPOR DALAM RANGKA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Penerapan APAPO di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan). Technology Management and Informatics Research, 1(1), 99–105.
Pamadi, J. D. P., Dewi, D. S. K., & Dj, E. W. (2022). Evaluasi Implementasi E-Government di Kantor Imigrasi Kelas II Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi Ponorogo. Jurnal MODERAT, 8(4), 756–768.
Rahmadani Fani Madichanianti. (2022). EFEKTIVITAS PELAYANAN KANTOR IMIGRASI KELAS I TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI PEKANBARU DALAM PENGGUNAAN APLIKASI PENDAFTARAN ANTRIAN PASPOR ONLINE. www.uir.ac.id
Triyanto, D., Kismartini, K., Aprianty, H., & Novelia, P. (2022). Penerapan Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik di Bengkulu. Perspektif, 11(2), 527–532. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i2.5876
Wibowo, C. T. (2014). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Paspor dengan Menggunakan Sistem Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Tangerang. Skripsi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, xvi + 145.
Yunaningsih, A., Indah, D., & Eryanto Septiawan, F. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336
Published
2024-01-03
How to Cite
Lili Suryani, Muchid Albintani, Nurmala Sari, Anton Budi Dharma, & Achmad Fauzi. (2024). Literature Riview : Implementasi Aplikasi M-Paspor Dalam Mewujudkan Digitalisasi Pelayanan Publik. Jurnal Niara, 16(3), 459-466. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.18199
Section
Articles
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 5 times