Literature Riview : Implementasi Aplikasi M-Paspor Dalam Mewujudkan Digitalisasi Pelayanan Publik
Abstract
Digitalisasi pelayanan publik sudah jadi prioritas di banyak negeri, tercantum Indonesia. Salah satu upaya buat mewujudkan perihal tersebut merupakan dengan mengimplementasikan layanan pembuatan paspor digital lewat aplikasi M- Paspor. Implementasi aplikasi ini dalam mewujudkan digitalisasi pelayanan publik jadi isu yang relevan buat dikaji. Penerbitan paspor ialah salah satu pelayanan publik berarti yang diberikan oleh kantor imigrasi, tetapi masih ada hambatan semacam antrian panjang serta prosedur yang rumit. Oleh sebab itu, butuh dicoba kenaikan mutu serta efisiensi pelayanan pembuatan paspor dengan menggunakan teknologi semacam aplikasi M- Paspor.
Sebagian riset sudah dicoba untuk penerapan pelayanan paspor di Indonesia. Riset menciptakan kalau pemakaian sistem registrasi antrian online bisa kurangi waktu tunggu serta tingkatkan kepuasan pelanggan. Pemakaian sistem data manajemen pula bisa tingkatkan mutu serta efisiensi pelayanan. Aplikasi M- Paspor diluncurkan oleh Ditjen Imigrasi RI buat memesatkan digitalisasi pelayanan paspor. Aplikasi ini menawarkan fitur- fitur semacam pembayaran PNBP, pengecekan status permohonan paspor, validasi NIK Dukcapil, serta penjadwalan ulang agenda kehadiran.
Walaupun aplikasi M- Paspor mempunyai sebagian keuntungan, semacam memesatkan proses penerbitan paspor serta tingkatkan akurasi dan keamanan data, ada pula sebagian tantangan yang butuh diatasi. Tantangan tersebut antara lain aksesibilitas teknologi yang masih terbatas, proteksi data orang yang sensitif, serta inklusivitas untuk masyarakat yang mempunyai keterbatasan ataupun kebutuhan spesial.
Dalam riset ini, digunakan tata cara literatur review buat mengkaji implementasi aplikasi M- Paspor dalam mewujudkan digitalisasi pelayanan publik. Pencarian literatur dicoba dengan memakai string pencarian yang cocok dengan tujuan riset. Hasil riset diharapkan bisa membagikan uraian lebih lanjut tentang manfaat, tantangan, serta langkah- langkah yang bisa diambil buat membenarkan keberlanjutan serta daya guna program M- Paspor dalam menunjang digitalisasi pelayanan publik secara lebih luas
Downloads
References
Atthahara, H. (2013). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government : Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas. JURNAL POLITIKOM INDONESIANA, 3(1), 66–77.
Harmitalia, M., Irawan, B., & Khaerani, T. R. (2021). Volume 2 Nomor 2 November 2021 EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENERAPAN APLIKASI PENDAFTARAN ANTRIAN PASPOR ONLINE DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI KOTA adanya penerapan pelaksanaan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online atau yang biasa dikenal dengan sebuta. JPBM (Journal of Policy & Bureaucracy Management), 2(November), 103–114.
Maharani, B. (2019). EFEKTIVITAS ALUR ANTRIAN PERMOHONAN PASPOR DALAM RANGKA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Penerapan APAPO di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan). Technology Management and Informatics Research, 1(1), 99–105.
Pamadi, J. D. P., Dewi, D. S. K., & Dj, E. W. (2022). Evaluasi Implementasi E-Government di Kantor Imigrasi Kelas II Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi Ponorogo. Jurnal MODERAT, 8(4), 756–768.
Rahmadani Fani Madichanianti. (2022). EFEKTIVITAS PELAYANAN KANTOR IMIGRASI KELAS I TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI PEKANBARU DALAM PENGGUNAAN APLIKASI PENDAFTARAN ANTRIAN PASPOR ONLINE. www.uir.ac.id
Triyanto, D., Kismartini, K., Aprianty, H., & Novelia, P. (2022). Penerapan Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik di Bengkulu. Perspektif, 11(2), 527–532. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i2.5876
Wibowo, C. T. (2014). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Paspor dengan Menggunakan Sistem Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Tangerang. Skripsi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, xvi + 145.
Yunaningsih, A., Indah, D., & Eryanto Septiawan, F. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336