Implementasi Perencanaan Strategis Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah

  • Umy Nadrah Simatupang Universitas Lancang Kuning
  • Reni Arneti Universitas Negeri Padang
  • Rusdinal Universitas Negeri Padang
  • Anisah Universitas Negeri Padang
Keywords: perencanaan strategis, mutu pendidikan, sekolah

Abstract

Hakikat pendidikan merupakan sarana dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan dimanapun dan kapanpun berada, tinggal melihat lagi upaya seseorang dalam mendapatkan dan memperoleh ilmu pengetahuan tersebut. Apabila berfokus pada pendidikan formal, maka hal ini dapat kita temui pada lembaga sekolah. Sekolah merupakan suatu organisasi yang memiliki sebuah sistem di dalamnya yang dikelola melalui kepemimpinan kepala sekolah dan diikuti oleh warga sekolah yang turut berpartisipasi dan berkontribusi dalam mensukseskan program-program sekolah seefektif mungkin dalam mencapai mutu pendidikan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui propses implementasi yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Penelitian yang digunakan dalam hal ini ialah penelitian studi kepustakaan, yakni dengan mencari beberapa sumber kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian, misalnya seperti melalui buku-buku dan jurnal-jurnal, danĀ  sumber kepustakaan lainnya. Setelah itu akan dilakukan analisis dan penyaringan hingga mendapatkan hasil yang konkret. Adapun hasil yang didapatkan berdasarkan analisis dari beberapa sumber , yakni perencanaan strategis merupakan sebuah rancangan yang telah persiapkan seoptimal mungkin melalui tim yang telah dibentuk oleh sekolah dalam menyusunnya berupa program-program dan hal-hal yang berkaitan di dalamnya. Hal ini juga tidak terlepas dari peran kepala sekolah dalam melakukan manajemen dan mempengaruhi para bawahannya agar turut berkontribusi dalam mengimplementasikan perencanaan strategi agar menghasilkan mutu pendidikan sekolah yang berkualitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Marzano, R. J., Waters, T., & McNulty, B. A. (2005). School Leadership That Works: From Research to Results. Alexandria, VA: ASCD.
Leithwood, K., & Jantzi, D. (2008). Linking Leadership to Student Learning. San Francisco: Jossey-Bass.
Natriello, G., & Pallas, A. M. (2010). The Handbook of Educational Leadership and Management. London: Sage Publications.
Sukardi, H. (2010). Kepemimpinan Kepala Urusan Tata Usaha Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Penerbit Pendidikan Grafindo.
Raharjo, T. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Urusan Tata Usaha Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 78-92.
Setiawan, A. (2015). Peran Kepala Urusan Tata Usaha Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 3(2), 45-56.
Suparlan, P. (2015). Tata Usaha Sekolah: Pengelolaan Administrasi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Anwar, Z. (2016). Manajemen Kepemimpinan Pendidikan. Rajawali Pers.
Suryana. (2017). Kepemimpinan Pendidikan: Teori dan Praktek. Prenada Media.
Suparman, M. A., & Natsir, M. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yusuf, M. (2018). Kepemimpinan Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.
Prasetyo, B. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep dan Implementasinya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Published
2024-01-12
How to Cite
Umy Nadrah Simatupang, Reni Arneti, Rusdinal, & Anisah. (2024). Implementasi Perencanaan Strategis Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. Jurnal Niara, 16(3), 606-613. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.18477
Section
Articles
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 3 times