Analisis Swot Sebagai Alat Penting Dalam Proses Perencanaan Strategis Organisasi Non-Profit

  • Rika Yohana Sari Universitas Negeri Padang
  • Rusdinal Universitas Negeri Padang
  • Anisah Universitas Negeri Padang
Keywords: Analisis, SWOT, Perencanaan Strategis, Organisasi, Non Profit

Abstract

Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam konteks perencanaan strategis bagi organisasi non-profit. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana penerapan Analisis SWOT dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memahami dinamika internal dan eksternal organisasi non-profit. Melalui pendekatan analisis kualitatif, data dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk wawancara dengan pemangku kepentingan kunci dan tinjauan dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT, sebagai alat kunci dalam perencanaan strategis, memungkinkan organisasi non-profit untuk sistematis mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kinerja mereka, identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang menjadi dasar perencanaan strategis. Temuan dari implementasi Analisis SWOT di berbagai organisasi menunjukkan keberagaman tantangan dan peluang, dengan faktor kunci seperti sumber daya unggulan, pengalaman, strategi pertumbuhan, kemitraan, perbaikan internal, manajemen risiko, dan kesiapan krisis, berdampak langsung pada efektivitas perencanaan strategis organisasi non-profit. Meskipun dihadapi tantangan, Analisis SWOT memberikan peluang signifikan dengan pengenalan kekuatan internal, peningkatan kolaborasi, inovasi program, diversifikasi sumber pendanaan, perluasan pengaruh masyarakat, dan peningkatan kapasitas internal. Di Indonesia, organisasi non-profit perlu mengatasi keterbatasan sumber daya, keahlian analisis yang terbatas, keterlibatan pemangku kepentingan, pemahaman yang tidak merata, ketidakpastian lingkungan eksternal, orientasi kemanusiaan, dan kesulitan mengukur aspek kualitatif. Penerapan Analisis SWOT yang cermat dan responsif diharapkan membantu organisasi non-profit merumuskan strategi efektif, meningkatkan ketangguhan terhadap perubahan, dan mencapai tujuan misi mereka, dengan evaluasi dan adaptasi terus-menerus untuk meningkatkan efisiensi dan relevansi dalam merespons perubahan dalam masyarakat dan lingkungan sekitar

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Adiningtyas, Adella. Dkk. (2012). Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra Organisasi Nirlaba World Wide Fund For Nature – Indonesia. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 1(2).
[2] Andhityawati, K. W. & Darma, G. S. (2022). Faktor Kunci Keberlanjutan Organisasi Nirlaba di Bali, Jurnal Manajemen Bisnis, 19(2).
[3] Aslinda. Dkk. (2019). Pengembangan dan Perubahan Organisasi. Yogyakarta:K-Media.
[4] Gitomartoyo, F. K. A. (2023). Perencanaan Strategi Ekspansif dalam Pengelolaan Organisasi Nirlaba Art Music Today. Jurnal Tata Kelola Seni, 9(1).
[5] Malasari, Ros. & Iswandi, Irvan. (2021). Praktik Pengelolaan Wakaf Produktif
[6] Ditinjau Dari Hukum Positif dan Hukum Islam; (Studi Kasus Di Yayasan Pundi Amal Bhakti Ummat Bekasi). Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 8(2).
[7] Nurcahyanti, Rika. (2021). Analisis SWOT Strategi Pemasaran pada Konveksi Esge Sablon Ponorogo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
[8] Putra, I. G. N. A. B. (2017). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Keunggulan Pada UD. Kacang Sari di Desa Tamblang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2).
[9] Sibuea, G. T. &, Anwar. U. (2022). Analisis SWOT Terhadap Perencanaan Strategi Pemasaran Hasil Kegiatan Kerja di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Bengkulu. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 10(2).
[10] Soelistya, Djoko. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Strategy. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
[11] Sulastri, Reni. Endang. Dkk. (2022). Akuntabilitas Keuangan pada Yayasan Arruhama. Jurnal ABDIMAS: Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, 4(1).
[12] Sulistiani, Dwi. (2014). Analisis SWOT Sebagai Strategi Perusahaan dalam Memenangkan Persaingan Bisnis. Angewandte Chemie International Edition, 6(11)
[13] Syafaruddin. (2015). Manajemen Organisasi Pendidikan: Perspektif Sains dan Islam. Medan: Perdana Publishing.
[14] Tamamiyah, Jazilatut. (2020). Analisis SWOT Terhadap Fundraising di Lembaga Amil Zakat Yayasan Dana Sosial Al-Falah (LAZ YDSF) Jember. Skripsi. IAIN Jember.
[15] Yulianti, Devi. (2018). Buku Ajar Manajemen Strategi Sektor Publik. Bandar Lampung: Pusaka Media.
[16] Wiratnadi. P. Dkk. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberlanjutan Organisasi Nirlaba (Studi pada Organisasi Kakak Asuh Bali). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2)
Published
2024-04-29
How to Cite
Rika Yohana Sari, Rusdinal, & Anisah. (2024). Analisis Swot Sebagai Alat Penting Dalam Proses Perencanaan Strategis Organisasi Non-Profit. Jurnal Niara, 17(1), 87-97. https://doi.org/10.31849/niara.v17i1.19967
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)