Studi Empiris Upaya Kepala Sekolah Untuk Menegakkan Disiplin Kerja Guru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya kepala sekolah dalam menegakkan disiplin kerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam upaya kepala sekolah dalam menegakkan disiplin kerja guru antara lain: memberikan motivasi, menjadi teladan bagi guru, sengaja membuat peraturan, melakukan pengawasan, memberikan arahan atau sanksi, dan memberikan penghargaan. Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam menegakkan disiplin kerja guru adalah kendala karena faktor sosial, kejenuhan guru, dan jarak ke sekolah yang cukup jauh. Solusi yang diberikan kepala sekolah adalah dengan selalu mengingatkan guru tentang kedisiplinan, melakukan pembinaan terhadap guru, memberikan teguran atau sanksi kepada guru yang persentase kehadirannya rendah, kesepakatan kemampuan disiplin kerja bagi guru yang cukup jauh. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa disarankan kepada kepala sekolah untuk lebih meningkatkan upayanya dalam mendisiplinkan guru, dengan cara lebih sering memberikan motivasi, melakukan pengawasan secara terus menerus, tegas dalam memberikan teguran atau sanksi dan lebih meningkatkan pemberian penghargaan kepada guru.
Downloads
References
Alfiandrizal., Sesmiarni, Z., Devi, I., Syafitri, A., & Simbolon, A. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di MTS Negeri 2 Agam. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2).
Asmawan, M. (2018). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mendukung gerakan literasi sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 46–57.
Astuti, S. (2021) Peran Kepala Sekolah dalam Mengatasi Stres Kerja Guru di Masa Pandemi pada SMPIT Ashabul Kahfi Tabalong. Jurnal Al-Nafis, 1(1), 13-30.
Bawamenewi, A. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Siswa di SMA Negeri 1 Lolofitu Moi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 235–241.
Haryadi, L., & Safinah. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMP Plus Darul Hukmaini Jonggat. Al-Nadhlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 19-27.
Lubis, A., & Fahmi, F. (2021). Pengendalian dan Definisi Hukum Secara Umum (Literature Review EtikaI). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(6).
Mulyasa, E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Muspawi, M. (2020). Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 20(2). 402-409.
Muspawi, M., Setiyadi, B., dan Fitriana. (2022). Upaya Peningkatan Disiplin Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 22(3). 2318-2321.
Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14.
Ramdhona, T., Rahwana, K., & Sutrisna, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru (Survei Pada Guru SMK Muhammadiyah Tasikmalaya). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2). 891-914
Sarmika, Andi Darmawangsa, & Bambang Sampurno. (2023). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di MTs. Muhammadiyah Layang Parang Layang Makassar. KENDALI: Economics and Social Humanities, 2(1), 42–48.
Setyadi, B. (2020). Organisasi: Teori dan Aplikasinya. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Sidiq, U & Khoirussalim. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Simamora, & Henry. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sundari, D. U., Taufiqurrahman, T., Musfah, J., & Ratnaningsih, S. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Guru di SDN 2 Badur Kecamatan Cirinten Kabupaten Lebak. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 163–169.
Susanto, R., Yusuf, M. N., & Syafrina, A. (2018). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar Pada Gugus 4 Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah , 3(3).