Penggunaan Media Sosial Dalam Penyuluhan Pertanian Di Kecamatan Tiumang Kabupaten Dharmasraya

  • Eza Safitri Universitas Andalas
  • Ernita Arif Universitas Andalas
  • Asmawi Universitas Andalas
Keywords: media sosial, penyuluhan, penyuluh, petani.

Abstract

Fenomena penggunaan media sosial di masyarakat diharapkan bisa meningkatkan layanan informasi dan mempermudah kegiatan penyuluhan. Penyuluh dan petani diharapkan bisa bertukar informasi dengan penyuluh yang ada di daerah lain dengan mudah, cepat, dan murah. Sebagian besar penyuluh di Kabupaten Dharmasraya menggunakan media sosial sebagai media penyuluhan dalam melakukan kegiatan penyuluhan pertanian. Media sosial merupakan salah satu media penyuluhan yang digunakan oleh para penyuluh dalam memberikan berbagai informasi kepada para petani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media sosial oleh penyuluh dalam aktivitas penyuluhan di Kecamatan Tiumang Kabupaten Dharmasraya, mengalisis hambatan-hambatan penggunaan media sosial oleh penyuluh dalam aktivitas penyuluhan di Kecamatan Tiumang Kabupaten Dharmasraya, dan menganalisis dampak penggunaan media social dalam aktivitas penyuluhan di Kecamatan Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Metode penelitian ini menggukan pendekatan kualitatif. Jenis data terdiri atas data primer dan sekunder yang kemudian dianalisa menggunakan teknis Miles and Huberman yang terdiri atas data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dalam aktivitas penyuluhan di lokasi penelitian sudah baik, di mana media sosial dimanfaatkan untuk aktivitas penyuluhan, pelatihan, dan sosialisasi. Selain itu media sosial juga digunakan untuk diskusi dengan penyuluh atau sesama petani terkait pertanian, mencari lebih banyak informasi mengenai pertanian, dan memasarkan hasil pertanian melalui berbagai aplikasi media sosial. Dampak positif penggunaan media sosial adalah peningkatan akurasi, efisiensi, dan efektifitas penyuluhan, menjadi media pembelajaran dan sharing informasi, serta peningkatan produktivitas pertanian

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Achmad. 2007. Membangun SDM Pertanian yang Profesional TOT TBL Penyuluh Bogor.

[2] Ahuja, V. 2011. Cyber Extension: A Convergence of Ict and Agricultural Development. Global Media Journal-Indian Edition. 2 (2), 1-8.

[3] Bothma, T., Cosijn, E., Fourie, I., dan Penzhorn, C. 2009. Navigating Information Literacy : Your Information Society Survival Toolkit. Cape Town: Pearson Education South Africa.

[4]Manulang, M. 1981. Manajemen Personalia, Jakarta Edisi I, Penerbit Ghalia Indonesia.

[5] Humaidi, L., Hubeis, A.V.S., Puspitawati, H., Anwas, O.E.M. 2020. Karakteristik Penyuluh dalam Pemanfaatan Media Sosialsebagai Media Informasi Pertanian. Agrisocionomics, Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian: 4(1): 111-124.
Published
2020-08-31
How to Cite
Eza Safitri, Ernita Arif, & Asmawi. (2020). Penggunaan Media Sosial Dalam Penyuluhan Pertanian Di Kecamatan Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Niara, 13(2), 92-101. https://doi.org/10.31849/niara.v13i2.4852
Section
Articles
Abstract viewed = 4455 times
PDF downloaded = 2635 times