Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Bagi Penyuluh Pertanian Di Kabupaten Agam

  • Anisa Haswar Universitas Andalas
  • Ernita Arif Universitas Andalas
  • Zul Irfan Universitas Andalas
Keywords: Extension, communication media, and social media

Abstract

Pemanfaatan media sosial sebagai media komunikasi bagi penyuluh pertanian dimana, keberadaan media sosial salah satu bentuk media komunikasi dalam masyarakat. Penggunaan media komunikasi berupa media sosial tidak hanya digunakan oleh kalangan tertentu. Penyuluh pertanian sebagai pihak yang berperan sebagai diseminator inovasi dan informasi pertanian dituntut mampu memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media sosial sebagai media komunikasi bagi penyuluh pertanian dan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat penggunaan media sosial bagi penyuluhan pertanian. Penelitian ini di desain dengan pendekatan survei yang bersifat deskriptif korelasional dengan menggunakan data kuantitatif. Responden penelitian ini adalah penyuluh pertanian di Kabupaten Agam, diambil secara simple random sampling sebanyak 45 orang. Pengambilan data dilakukan dengan mengajukan kuisioner dan teknik wawancara. Teknik analisis data menggunakan korelasi rank spearman. Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat pengunaan media sosial sebagai media komunikasi bagi penyuluh pertanian di Kabupaten Agam diukur menggunakan 2 indikator yaitu durasi dan frekuensi, pada kategori dengan durasi sedang yaitu 4-6 jam/hari, sedangkan frekuensi pengunaan media sosial sebagai media komunikasi berada pada kategori yang tinggi lebih dari 5 kali seminggu. Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat penggunaan media  sosial bagi penyuluh pertanian di kabupaten Agam adalah  karakteristik (umur dan pendidikan), motivasi (mendapatkan informasi baru), dan faktor eksternal (keberadaan jaringan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

AnwasOss. M. 2009. PemanfaatanMediadalamPengembangan KompetensiPenyuluh Pertanian AgriculturalExtension Workers in Southwest of Nigeria. South African Journal ofAgricultural Extension, 36 : 62-77

Andarwati, S. R., Sankarto B. S. 2005. Pemenuhan Kepuasan Penggunaan Internet Oleh Peneliti Badan Litbang Pertanian Di Bogor. Jurnal Perpustakaan Pertanian. Vol. 14, Nomor 1.
Andriaty E, Sankarto BS, Setyorini E. 2011. Kajian Kebutuhan Informasi Teknologi Pertanian Di Beberapa Kabupaten Di Jawa. JurnalPerpustakaan Pertanian, 20 (2) : 54-61.

Andriaty, Etty and Endang Setyorini., 2012. Ketersediaan Sumber Infor¬masi Teknologi Pertanian di Beber¬apa Kabupaten di Jawa. Jurnal Per¬pustakaan Pertanian. 21(1): 30-35.
Anwas EOM, Sumardjo, Asngari PS, Tjitropranoto P. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyuluh dalam Pemanfaatan Media. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 07 (2) : 68-81.

Anwas, Oss.M. 2009. Pemanfaatan Media dalam Pengembangan Kompetensi Penyuluh Pertanian (Kasus di Kabupaten Karawang dan Garut Provinsi Jawa Barat) [Disertasi]. Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor
Ardianto E, Komala L, Karlinah S. 2012. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar.Bandung (ID): Simbiosa Rekatama Media.

Badan Pusat Statistik, 2018. Statistik Daerah Kabupaten Agam, 2018.

Badan Pusat Statistik, 2018. Data Statistik dalam Angka Kabupaten Agam, 2018.
Published
2022-05-01
How to Cite
Anisa Haswar, Ernita Arif, & Zul Irfan. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Bagi Penyuluh Pertanian Di Kabupaten Agam. Jurnal Niara, 15(1), 39-46. https://doi.org/10.31849/niara.v15i1.7471
Section
Articles
Abstract viewed = 2031 times
PDF downloaded = 1729 times