Analisis Atribut Inovasi Pelayanan Kesehatan Taman Obat Keluarga Di Desa Tanjung Kuras Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis atribut inovasi pelayanan kesehatan taman obat keluarga dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat analisis atribut inovasi pelayanan kesehatan taman obat keluarga. Jenis penelitian yang dipilih adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat deskriptif, yaitu pemecahan masalah dengan meneliti menampilkan data yang diperoleh dengan pengamatan lapangan dan kepustakaan, kemudian di analisa dan di interpretasikan untuk ditarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi penelitian. Setelah data terkumpul dari informan penelitian, kemudian akan digunakan metode teknik tringulasi dengan check dan re-check terhadap hasil yang diberikan oleh informan penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa atribut inovasi pelayanan kesehatan taman obat keluarga sudah terlaksana baik karena hal ini sudah ada sejak turun temurun dan dimunculkan dengan hal baru. Keadaan masyarakat yang masih memegang tradisi gotong royong sehingga munculnya nilai kebersamaan membuat partisipasi dan motivasi bertambah. Meskipun belum mengenal teknologi dan jarak letak lokasi desa yang terpencil sehingga dalam pelaksanaan inovasi masih dilaksanakan secara tradisional.
Downloads
References
[2]. Creswell, J.W.2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed,Yogyakarta : Pustaka Belajar
[3]. Ilham. (2016). Inovasi Pelayanan Dalam Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor Pada UPTD SAMSAT Kota Bukittinggi. Jurnal Online Mahasiswa ( JOM ), 3(2).
[4]. Hutagalung, S. S., & Hermawan, D. (2018). Membangun Inovasi Pemerintah Daerah (Pertama). Yogyakarta: CV Budi Utama.
[5]. Mindarti, L. I., & Nuh, M. (2016). Inovasi Pelayanan Publik (Studi pada Pelayanan Kesehatan Melalui Program Gebrakan Suami Siaga di Puskesmas Gucialit Kabupaten Lumajang). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik ( JIAP ), 2(4).
[6]. Muluk,Khairul. (2008). Knowledge management: Kunci Inovasi Pemerintah Daerah, Malang: Lembaga Penelitian dan Dokumen FIA Universitas Brawijaya.
[7]. Pangestu,Wuri Rimbawati. 2016. “ Inovasi Pelayanan One Stop Service (Studi Peningkatan Kualitas Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya). ”Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik 4:1-7.
[8]. Prasetyo, A., Sakti, A. B., Gartika, D., Arifin, M. Z., & Sukamsi. (2018). BUNGA RAMPAI INOVASI BERKELANJUTAN : Kepemimpinan, Kebijakan, Sistem, Ekonomi, Lingkungan dan Pemerintahan (Pertama). Kebayoran Baru, Jakarta Selatan: INDOCAMP.
[9]. Prawira, M. A., Noor, I., & Nurani, F. (2014). INOVASI LAYANAN (Studi Kasus Call Center SPGDT 119 sebagai Layanan Gawat Darurat pada Dinas Kesehatan Provinisi DKI Jakarta). Jurnal Administrasi Publik ( JAP ), 2(4), 715–721.
[10]. Putri, L. D. M., & Mutiarin, D. D. (2018). Efektifitas Inovasi Kebijakan Publik; Pengaruhnya pada Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. APPPTMA.
[11]. Ratminto, & Winarsih, A. S. (2005). Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
[12]. Siyoto, Sandu, Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing