Analisis Atribut Inovasi Pelayanan Kesehatan Taman Obat Keluarga Di Desa Tanjung Kuras Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak

  • Dadang Mashur universitas riau
  • Fanny Pratiwi Universitas Riau
Keywords: Inovasi, Pelayanan Kesehatan,Taman Obat Keluarga

Abstract

Tujuan dari penelitian  ini adalah untuk menganalisis atribut inovasi pelayanan kesehatan taman obat keluarga dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat analisis atribut  inovasi pelayanan kesehatan taman obat keluarga. Jenis penelitian yang dipilih adalah  kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat deskriptif, yaitu pemecahan masalah dengan meneliti menampilkan data yang diperoleh dengan pengamatan lapangan dan kepustakaan, kemudian di analisa dan di interpretasikan untuk ditarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi penelitian. Setelah data terkumpul dari informan penelitian, kemudian akan digunakan metode teknik tringulasi dengan check dan re-check terhadap hasil yang diberikan oleh informan penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa atribut inovasi pelayanan kesehatan taman obat keluarga sudah terlaksana baik karena  hal ini sudah ada sejak turun temurun dan dimunculkan dengan hal baru.  Keadaan masyarakat yang masih memegang tradisi gotong royong sehingga munculnya  nilai kebersamaan membuat  partisipasi dan motivasi bertambah. Meskipun belum mengenal teknologi dan jarak letak lokasi  desa yang terpencil  sehingga dalam pelaksanaan inovasi  masih dilaksanakan  secara tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Ancok, Djamaludin. (2012). Psikologi Kepemimpinan & Inovasi. Erlangga.Creswell, J.W.2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed,Yogyakarta : Pustaka Belajar
[2]. Creswell, J.W.2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed,Yogyakarta : Pustaka Belajar
[3]. Ilham. (2016). Inovasi Pelayanan Dalam Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor Pada UPTD SAMSAT Kota Bukittinggi. Jurnal Online Mahasiswa ( JOM ), 3(2).
[4]. Hutagalung, S. S., & Hermawan, D. (2018). Membangun Inovasi Pemerintah Daerah (Pertama). Yogyakarta: CV Budi Utama.
[5]. Mindarti, L. I., & Nuh, M. (2016). Inovasi Pelayanan Publik (Studi pada Pelayanan Kesehatan Melalui Program Gebrakan Suami Siaga di Puskesmas Gucialit Kabupaten Lumajang). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik ( JIAP ), 2(4).

[6]. Muluk,Khairul. (2008). Knowledge management: Kunci Inovasi Pemerintah Daerah, Malang: Lembaga Penelitian dan Dokumen FIA Universitas Brawijaya.
[7]. Pangestu,Wuri Rimbawati. 2016. “ Inovasi Pelayanan One Stop Service (Studi Peningkatan Kualitas Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya). ”Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik 4:1-7.
[8]. Prasetyo, A., Sakti, A. B., Gartika, D., Arifin, M. Z., & Sukamsi. (2018). BUNGA RAMPAI INOVASI BERKELANJUTAN : Kepemimpinan, Kebijakan, Sistem, Ekonomi, Lingkungan dan Pemerintahan (Pertama). Kebayoran Baru, Jakarta Selatan: INDOCAMP.
[9]. Prawira, M. A., Noor, I., & Nurani, F. (2014). INOVASI LAYANAN (Studi Kasus Call Center SPGDT 119 sebagai Layanan Gawat Darurat pada Dinas Kesehatan Provinisi DKI Jakarta). Jurnal Administrasi Publik ( JAP ), 2(4), 715–721.
[10]. Putri, L. D. M., & Mutiarin, D. D. (2018). Efektifitas Inovasi Kebijakan Publik; Pengaruhnya pada Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. APPPTMA.
[11]. Ratminto, & Winarsih, A. S. (2005). Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
[12]. Siyoto, Sandu, Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Published
2020-09-01
How to Cite
Dadang Mashur, & Fanny Pratiwi. (2020). Analisis Atribut Inovasi Pelayanan Kesehatan Taman Obat Keluarga Di Desa Tanjung Kuras Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. Jurnal Niara, 13(2), 120-134. https://doi.org/10.31849/niara.v13i2.4860
Section
Articles
Abstract viewed = 341 times
PDF downloaded = 457 times

Most read articles by the same author(s)