Analisa Media Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Tanaman Hias Di Kawasan Florikulturakota Padang

  • Yuke Pritama Ali Universitas Andalas
  • Sri Wahyuni Universitas Andalas
  • Gunarif Thaib Universitas Andalas
Keywords: Media, communication, marketing, internet, ornamental plants, agriculture

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media komunikasi pemasaran pada usaha tanaman hias dan menganalisis pemanfaatan media komunikasi pemasaran oleh konsumen pada usaha tanaman hias di Kawasan Lubuk Minrurun Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena sosial di masyarakat melalui data-data yang dikumpulkan kemudian dianalisa secara mendalam untuk menemukan jawaban. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Pemanfaatan Media komunikasi pemasaran oleh pemilik usaha tanaman hias lebih menggunakan media internet sebagai media yang lebih populer daripada media lain sehingga dapat dijadikan sebagai alat untuk mengkomunikasi pesan atau informasi bagi pemilik usaha tanaman hias. Yang mana dapat mencapai konsumen yang terpencar secara geografis. Pemanfaatan media komunikasi melalui periklanan, event (acara) sudah dilakukan dengan menggunakan iklan online di media internet sedangkan personal selling secara face to face. Namun, masih sedikit dari pelaku usaha tanaman hias yang mengikuti event yang diadakan oleh pemerintah disebabkan tidak mengetahui informasi dan belum membutuhkan untuk mengikutnya. Pemanfaatan Media Komunikasi oleh konsumen usaha tanaman hias, yakni konsumen usaha tanaman hias Pertiwi Flower, Salman KS dan Karya Tani mengatakan bahwa media internet sangat mempunyai peranan yang penting bagi ketiga usaha tanaman hias ini. Dengan banyaknya jenis media komunikasi pemasaran yang ada saat ini dapat memberikan kontribusi besar bagi para pengusaha tanaman hias untuk mempromosikannya dengan cara menarik dan mudah dipahami sehingga membuka ruang lebih banyak bagi konsumen untuk berinteraksi dengan pemilik usaha tanaman hias.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AnwasOss. M. 2009. PemanfaatanMediadalamPengembangan KompetensiPenyuluh Pertanian (Kasusdi Kabupaten Karawang dan Garut Provinsi Jawa Barat) [disertasi].Program Pascasarjana,Institut Pertanian Bogor.

Berlo DK. 1960. The Process of Communication : An Introduction to Theory andPractice. New York (USA): Holt, Rinehart and Winston.
Bungin B. 2009.Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta (ID): Kencana.
Cangara H. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta [ID]: PT Raja Grafindo Persada.
Chrismardani, Yustina. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu : implementasi untuk MKM. Jurnal NeOBis Volume 8, No.2 Desember 2014. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/view/4319, akses 27 Juni 2015.
Effendy OU. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung (ID): Remaja Rosda Karya.
Fadila,riski nur, Purnaningsih, ninuk dan Hapsari, Dwi retno. (2017). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Kampung Budaya,Sindangbarang Di Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Home > Vol 1, No 3 (2017) > Fadila
Published
2022-05-01
How to Cite
Yuke Pritama Ali, Sri Wahyuni, & Gunarif Thaib. (2022). Analisa Media Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Tanaman Hias Di Kawasan Florikulturakota Padang. Jurnal Niara, 15(1), 54-61. https://doi.org/10.31849/niara.v15i1.7470
Section
Articles
Abstract viewed = 390 times
PDF downloaded = 309 times