Efektivitas Instagram Sebagai Promosi Wirausaha Mahasiswa FIS Universitas Negeri Jakarta Selama Pandemi

  • Marisa Puspita Sary Universitas Negeri Jakarta
  • Vera Wijayanti
  • Maulina Larasati Putri
  • Anggana Aletta Bimantoro
  • Dinda Ayu Firanti
Keywords: Instagram, Komunikasi, Media Promosi.

Abstract

Eksistensi media sosial di era digital 4.0 memudahkan wirausahawan mempromosikan produk di tengah    keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Hal ini mendukung wirausahawan untuk mempromosikan produk secara online.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media sosial sebagai promosi kewirausahaan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial di tengah pandemi. Alasan memilih mahasiswa FIS UNJ karena beberapa mahasiswa membangun wirausaha dengan menjual tipe produk yang lebih bervariasi di tengah pandemi sekaligus sebagai penerapan matakuliah entrepreneur yang terdapat di kurikulum prodi di Fakultas Ilmu Sosial. Penelitian ini mengkaji efektivitas promosi wirausaha yang dilakukan mahasiswa. Penelitian promosi kewirausahaan sebelumnya meneliti wirausahawan sebagai subjek penelitian, sedangkan subjek penelitian ini tertuju pada mahasiswa yang sekaligus berperan sebagai wirausahawan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Data primer didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta yang memanfaatkan instagram untuk promosi produk. Data diolah dari kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif uji t parsial. Hasil penelitian ini dijelaskan dengan model AIDA bahwa promosi produk melalui instagram belum berhasil sesuai yang diharapkan, promosi kurang menimbulkan ketertarikan, dan promosi di instagram tidak sepenuhnya memberikan pengaruh terhadap media promosi produk/jasa. Temuan tersebut terkait dengan tidak terpenuhinya unsur attention pada tahap awal AIDA disebabkan diantaranya konten promosi yang tidak menimbulkan ketertarikan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 697–709. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709
Cat, N. (2021). Instagram users in Indonesia March 2021. Napoleon Cat.
Creswell, W. J. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches, 4 edition. In london : sage (4th ed.). sage.
Darusman, Y. M., Benazir, D. M., Setiawan, T., & Pamulang, M. U. (2021). Pentingnya Pemahaman Tentang Kemanfaatan Dan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 173–179.
Dewantoro, A. (2019). Pengaruh Optimisme terhadap Kemampuan Identifikasi Peluang Mahasiswa Strata Satu Pada Perguruan Tinggi Di Surabaya. Agora, 7(1).
Fauziah, R., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Efektifitas Promosi Destinasi Wisata Rekreasi Gunung Pancar Melalui Postingan Instagram Media Sosial. Jurnal Komunikatio, 4(1), 27–40. https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1210
Groves, R. M., Singer, E., Lepkowski, J. M., Heeringa, S. G., & Alwin, D. F. (2010). Survey methodology. In C. S. Robert M. Groves, Graham Kalton, J. N K. Rao, Norbert Schwarz (Ed.), A Telescope on Society: Survey Research and Social Science at the University of Michigan and Beyond (2nd ed.). Wiley, Sons, Inc. https://doi.org/10.4324/9780429314254-2
Hakim, R. (2017). Metode Penelitian Tentang Variabel-Variabel Independen. Journal of Economic Sciences, 72–92.
Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1). https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Misnawati, M., & Yusriadi, Y. (2018). Efektifitas Pengelolaan Kewirausahaan Berbasis Kognitif Personal Melalui Penggunaan Infrastruktur Digital (Media Sosial). Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 138–145. https://doi.org/10.52160/ejmm.v2i3.83
Pertiwi, S. N., Pardian, P., Trimo, L., & Sadeli, A. H. (2021). Efektivitas Iklan Pada Media Sosial Instagram Kojama Shop Dengan Pendekatan AIDA Model. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1). https://doi.org/10.25157/ma.v7i1.4527
Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi di merek Dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.26460/jm.v6i1.196
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80.
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625
Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3). https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.246
Rahmah, S. (2020). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 94–101. https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5584
Ramadan, A., & Fatchiya, A. (2021). Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk "Rendang Uninam" The Effectiveness of Instagram as a Promotional Media of Products “ Rendang Uninam .” Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 05(01), 64–84.
Sumarno, S., & Gimin, G. (2019). Analisis Konseptual Teoretik Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Solusi Dampak Era Industri 4.0 Di Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.12557
Ula, R., Fauzi, A., Citaningtyas, D., Kadi, A., Kristyangga, G., & Ernanda, S. (2021). Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira , Kare Madiun. Journal of Community Engagement, 2(1), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.47679/ib.202176
Published
2022-09-30
How to Cite
Sary, M. P., Wijayanti, V., Putri, M. L., Bimantoro, A. A., & Firanti, D. A. (2022). Efektivitas Instagram Sebagai Promosi Wirausaha Mahasiswa FIS Universitas Negeri Jakarta Selama Pandemi. Jurnal Niara, 15(2), 282-294. https://doi.org/10.31849/niara.v15i2.8535
Section
Articles
Abstract viewed = 817 times
PDF downloaded = 648 times

Most read articles by the same author(s)