Efektifitas Media Dadu Putar Untuk Kesiapan Membaca Anak Usia Dini

  • Rita Kurnia
Keywords: Anak Usia Dini, Kesiapan Membaca, Media Dadu Putar, Anak Usia Dini, Kesiapan Membaca, Media Dadu Putar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk kesiapan membaca anak dengan menggunakan media dadu putar. Penelitian menggunakan metode ekperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Sampel yang digunakan adalah 15 orang anak usia dini. Teknik pengumpulan data adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS 16. Berdasarkan analisis data sebelum diberikan perlakuan lima  indikator pada kategori belum berkembang (BB), mulai berkembang (MB), untuk mengetahui lebih dalam tentang kesiapan membaca dan upaya efektif untuk meningkatkan perkembangan sesuai harapan (BSH) dan berkembangan sangat baik (BSB), terdapat pengaruh media dadu terhadap kesiapan membaca anak usia 3-4 tahun Di Pekanbaru Riau Indonesia yang signifikan yaitu sebesar 50,87%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University.

Chairilsyah, D., & Kurnia, R. (2018). Teacher Assessment to School Readiness on the 5-6 Year-Old Children in State Kindergarten in Pekanbaru (Motoric Physical, Social Emotional, Moral, Language, and Cognitive Aspect). JOURNAL OF EDUCATIONAL SCIENCES. https://doi.org/10.31258/jes.2.2.p.74-82

Fahim, M., & Mustafa, S. J. (2001). Evidence for the presence of A1 adenosine receptors in the aorta of spontaneously hypertensive rats. British Journal of Pharmacology. https://doi.org/10.1038/sj.bjp.0704433

King, A. W., & With, K. A. (2002). Dispersal success on spatially structured landscapes: When do spatial pattern and dispersal behavior really matter? Ecological Modelling. https://doi.org/10.1016/S0304-3800(01)00400-8

Kurnia, R. (2012). Konsepsi Bermain dalam menumbuhkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Educhild.

Kurnia, R. (2014). Pendidikan Gizi untuk Anak Usia Dini. Educhild: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya.

Kurnia, R. (2018). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA DINI DENGAN TEMA ALAM SEMESTA. EDUCHILD.

Kurnia, R., & Solfiah, Y. (2018). PENGARUH MEDIA PENSIL KARAKTER ANIMASI UPIN DAN IPIN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://doi.org/10.21009/jpud.122.15

Majzub, R., & Kurnia, R. (2010). Reading readiness amongst preschool children in Pekanbaru Riau. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.202

Novianti, R. (2015). Pengembangan permainan roda putar untuk meningkatkan kemampuan berhitung angka anak usia 5-6 tahun. Jurnal Educhild.

Pallant, J. (2013). A step-by-step guide to data analysis using SPSS version 15. In Open University Press, Maidenhead .

Roring, C. M. (2013). Contribution of race, primary language, family structure and pre-kindergarten attendance to the odds of being classified as having a specific learning disability by the third grade. In Dissertation Abstracts International Section A: Humanities and Social Sciences.

Ryoo, J. H., Molfese, V. J., Brown, E. T., Karp, K. S., Welch, G. W., & Bovaird, J. A. (2015). Examining factor structures on the Test of Early Mathematics Ability - 3: A longitudinal approach. Learning and Individual Differences. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2015.06.003

Solfiah, Y., Risma, D., -, H., & Kurnia, R. (2019). THE KNOWLEDGE OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION TEACHERS ABOUT NATURAL DISASTER MANAGEMENT. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.8090

Wahyuni, S., & Reswita. (2018). Low-income Family Environment: Subjective Well-Being and Children Learning Motivation. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175, 012103. https://doi.org/10.1088/1755-1315/175/1/012103

Wahyuni, S., & Reswita, R. (2017). Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Lectura : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31849/lectura.v8i2.351

Wahyuni, S., Fadilah, S., & Bastian, A. (2020). Children's independence Skills Analysis at Low Socioeconomic Environment. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 303-312.

Novitasari, Y., Wahyuni, S., & Romadayani, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Awal Melalui Metode Total Physical Response pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 19-27.

Suharni, S., Wahyuni, S., & Astri, Y. (2021). Improving Environmental Care Attitudes of Early Childhood By Utilizing Recycled Materials. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2017-2024.

Novitasari, Y., Wahyuni, S., & Suharni, S. (2022). SOSIALISASI LITERASI DIGITAL BAGI ORANG TUA DAN GURU PAUD MUTIARA CENDEKIA. Jurnal ABDI PAUD, 3(1), 1-6.

Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6462-6468.

Bastian, A., Nasution, J. A., & Wahyuni, S. (2022). Teacher Performance Under the Influence of Training, Work Motivation and Teacher Competence. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3601-3612.

Suharni, S., Novitasari, Y., & Wahyuni, S. (2022). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB UNTUK GURU PAUD DI KECAMATAN RUMBAI KOTA. Jurnal ABDI PAUD, 3(1), 12-16.

Wahyuni, S., Bastian, A., & Nofrianti, S. (2021). Is There a Distinction in Socialization Ability Between Children Who Are addicted to Gadgets and Those Who Are Not? A Comparison Study. Child Education Journal, 3(2), 110-122.

Suharni, S., Wahyuni, S., & Astri, Y. (2021). Improving Environmental Care Attitudes of Early Childhood By Utilizing Recycled Materials. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2017-2024.Zubaida. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Madaniyah.

Published
2020-09-30
How to Cite
Kurnia, R. (2020). Efektifitas Media Dadu Putar Untuk Kesiapan Membaca Anak Usia Dini . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 32-41. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4644
Abstract viewed = 975 times
PDF downloaded = 1052 times