Pengembangan Media Scrabble Pola untuk Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD Anak Usia 5-6 Tahun

  • Adis Astrid Adisty UR
  • Rita Kurnia Universitas Riau
  • Daviq Chairilsyah Universitas Riau
Keywords: Kemampuan Mengenal pola ABCD-ABCD, Scrabble Pola , Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media  Scrabble Pola dalam meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD untuk anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Penelitian dilakukan di TK Tahfizh Amanah Ilyas Kampar dengan dilakukan uji kelayakan oleh 5 ahli pendidik, 2 orang ahli materi dan media, dan Uji coba terbatas kepada 8 peserta didik. Hasil validasi ahli media dan ahli materi memperoleh nilai 94,3% dan 83,25% dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya hasil uji kelayakan dengan 5 ahli pendidik memperoleh 82,4% dengan kriteria sangat layak. Kemudian pada uji coba terbatas terhadap peserta didik memperoleh nilai 87,5% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media scrabble  pola layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD anak usia 5-6 tahun dengan nilai 86,23% dengan kriteria “Sangat Layak”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianti, S., Daulay, M. I., & Asilestari, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.6

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran (A. Rahman (ed.); 19th ed.). RajaGrafindo.

Asmayati, Noer. 2021. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menyusun Pola ABCD-ABCD Menggunakan Media Papan Pola di TK Aisyiah 13 Banjarmasin. Skripsi. Tarbiyah dan Keguruan

Brewer, Jo Ann. 2017. Introduction to Early Childhood Education Preschool Though Primary Grades. United States Of America: Library Of Congress Cataloging-In-Publication Data.

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini (D. Kurniawan (ed.)). Jakad Publishing.

Fahrurohman, Oman. 2017.Hakikat Bermain dan PermainanAnak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini As-Sibyan. Vol 2(1):27-36

Fardiah, dkk.2020. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 4(1):133-140.

Hardianti, Farlina. 2019. Alat Permainan Edukatif Scrabble untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Golden Age. Vol 3(1):17-29.

Hasanah, Nurlayli dan Hariani Fitrianti. 2019. Mengenal Matematika Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mengurut Pola (Pattern). Early Childhood Education Journal of Indonesia. 2(1):31-37.

Hidayat, -, & Maulidiyah, E. C. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Membilang Benda Sekitar. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12376

Ifada Novikasari. (2016). Matematika Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pendidikan Anak Bunayya, 2(1), 1–20. https://www.academia.edu/download/50451863/Matematika_di_PAUD.pdf

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (2020). Available at: https://www.google.com/amp/s/ kbbi.web.id/kognitif.html (Accessed: 23 July 2020).

Krisna, Ni Made Ayu Suryaningsih dan Elizabeth Prima. 2018. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Meronce Berbantuan Bahan Alam. Media Edukasi:Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2(1):21-29

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79-u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEkF4FJ8At0XT

Kurnia, R., Guslinda, G., & Safriyanti, M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Membaca Melalui Buku Cerita Rakyat Melayu pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 803. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.457

Lestari. (2011). Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini. Seri Bacaan Orang Tua, 7.

Magta, Mutiara. 2013. Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 221.

Mahsanah, Umi. 2021. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Anak Mengenai Pola ABCD ABCD Melalui Menempel di Kelompok B2 TK Mekar Sari Kelurahan Ploso Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019.Jurnal Visioner: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini. Vol 1(1):14-15.

Marpiah, Demi, dkk.Kemampuan Mengenal Pola ABCD dengan Media Gambar di Taman Kanak-Kanak PGRI Karya Nilam Ketapang.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Vol 3(8):211021

Musrikah, M. (2017). Pengajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. In Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.1.153-174

Novianti, Ria., Hukmi., M. I. (2019). GENERASI ALPHA – TUMBUH DENGAN GADGET DALAM GENGGAMAN Oleh : Jurnal Educhild (Pendidikan & Sosial), 8(2), 65–70.

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490

Peningkatan Kemampuan Kognitif.......(Diana Lestari) 650. (n.d.). 650–657.

Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Simbolon, Lasni Ropanat dan Kamtini. 2016. Pengaruh Media Manipulatif terhadap Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Pola Warna pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Santa Lusia Medan T.A. 2015. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas. 2(1):45-59

Sugiyono.2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung:Alfabeta.

Solfiah, Y. (2018). Kindergarten Teacher ’ S Ability in Teaching Math in Tk Pembina of Pekanbaru City Kemampuan Mengajar Matematika Guru Taman Kanak-Kanak Di Tk Pembina Se-Kota. 1(1), 75–87.

Solfiah, Y., & Kurnia, R. (2020). Pengembangan Media Getar ( Geometri Putar ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. 3, 145–152.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Researchand Development/R&D) (S. Y. Suryandari (Ed.); 4th ed.). Alfabeta.

Wahyuni, Sri, Rita Kurnia, dan Zulkifli. 2020. Pengembangan Media Miniatur City Letter untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood. Vol 3(3):121-125

Published
2021-09-30
How to Cite
Astrid Adisty, A., Kurnia, R., & Chairilsyah, D. (2021). Pengembangan Media Scrabble Pola untuk Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 11-22. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.7008
Abstract viewed = 768 times
Pdf downloaded = 0 times