Sistem Manajemen Arsip Dinamis Inaktif pada Bagian Akuisisi Deposit dan Pengolahan Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru

  • Desi Kurniawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru
  • Rismayeti Rismayeti Universitas Lancang Kuning
  • Yuhelmi Yuhelmi Universitas Lancang Kuning
Keywords: manajemen arsip dinamis, arsip inaktif, akuisis deposit dan pengolahan, perpustakaan kota pekanbaru

Abstract

Abstract

The purpose of this research is to analyze how the records management system used by the Deposit Acquisition and Processing Section of Library and Archives Pekanbaru. The method used in this research is descriptive qualitative method Data collection techniques are observation, interviews, documentation studies. Sample in this study is the Dynamic Archive inactive in Section Deposit Acquisition and Processing. The results of this study is: On the whole it can be said that the records management system used by officers in the archival processing Deposit Acquisition and Processing Section of Library and Archives Pekanbaru is good enough. This can be seen in the use of archival storage systems, maintenance records, destruction of records.  Depreciation  archives  have  not  done  the  appropriate  depreciation  prosudur guidelines applicable record keeping. It means that depreciation archives conducted Deposit Acquisition and Processing Section of Library and Archives Pekanbaru City Records Retention Schedule not use.

 

Keywords: Records Management System , Dynamic inactive archives , the Library and Archives of Pekanbaru.

 

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana sistem manajemen kearsipan yang digunakan oleh Bagian Akuisisi Deposit dan Pengolahan Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode diskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi,wawancara, studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah Arsip Dinamis Inaktif yang ada di Bagian Akuisisi Deposit dan Pengolahan. Hasil penelitian secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa sistem manajemen kearsipan yang digunakan oleh petugas pengolahan arsip pada Bagian Akuisisi  Deposit  dan  Pengolahan  Badan  Perpustakaan  dan  Arsip  Kota  Pekanbaru sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat pada pengunaan sistem penyimpanan arsip, pemeliharaan arsip, pemusnahan arsip. Penyusutan arsip belum dilakukan penyusutan yang sesuai prosudur pedoman tata kearsipan yang berlaku. Artinya penyusutan arsip yang dilakukan Bagian Akuisisi Deposit dan Pengolahan Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru tidak mengunakan Jadual Retensi Arsip.

 

Kata kunci : Sistem Manajemen Kearsipan, arsip dinamis inaktif, Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Bakar, Hadi.1996 Pola Kearsipan Moderen, Jakarta: Djambatan

Amsyah, Zulkifli.2005.Manajemen Kearsipan, Jakarta: Gramedia Pustaka

------------ 1971, Undang-Undang No. 7 tahuan 1971 Tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kearsipan.

Arikiunto, Suharsim. 2006. Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

ANRI. 2005. Modul Pemeliharaan dan Perawatan Arsip, Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan

Barthos, Basir. 2009. Manajemen Kearsipan, Jakarta: Bumi Aksara

Fahmi Sukmal, Afri. 2013 “Analisis Pengelolaan Arsip Dinamis (Management Record) pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau (Skripsi) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning Pekanbaru.

Hamidah, Nur. 2014 “ Citra Pustakawan Dalam Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus Citra Pustakawan dalam Pelayanan Sirkulasi Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau) “. (Skripsi) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning Pekanbaru.

Indonesia, 2009, Undang-Undang No. 43 tahun 2009. Tentang Kearsipan.

Maulana, M.N. 1982. Administrasi Kearsipan. Jakart : Bharata Karya Aksara

Pemerintah Provinsi Riau, 2003, Keputusan Gubernur Riau No. 4 tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Tata Kearsipan di Lingkungan Pemerintah Provinsi, Kab/Kota.

Pemerintah Kota Pekanbaru, 2014, Rencana Strategis Kerja 2014-2026 Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru.

Rohyati, 2012, “ Pelaksanaan Standar Folder dan Guide Arsip di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru” (Skripsi) Jurusan Administrasi Negara Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning.

Sugiyono, 2008. Metode Penelituian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta Bandung.
Published
2017-06-02
How to Cite
Kurniawan, D., Rismayeti, R., & Yuhelmi, Y. (2017). Sistem Manajemen Arsip Dinamis Inaktif pada Bagian Akuisisi Deposit dan Pengolahan Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru. Jurnal Pustaka Budaya, 4(2), 26-42. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/105
Section
Articles
Abstract viewed = 409 times
Fulltext downloaded = 468 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>