ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 1996-2015

  • purwanti purwanti Pelita Bangsa University
  • eddy irsan siregar Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Go Public atau lebih dikenal dengan IPO (Initial Public Offering) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka penawaran umum penjualan saham perdana. Pada proses IPO terdapat suatu fenomena yang disebut dengan Underpricing. Underpricing adalah suatu fenomena dimana harga penawaran di pasar perdana lebih rendah dibandingkan dengan harga penutupan di pasar sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat Underpricing. Penarikan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dari populasi sebanyak 57 perusahaan manufaktur yang melakukan IPO pada periode Januari 1996 – Desember 2015, dan didapat sampel untuk penelitian sebanyak 35 perusahaan. Penelitian ini menggunakan tujuh (7) variabel yaitu Ukuran Perusahaan, Persentase Saham yang Ditawarkan, Return on Equity (ROE), Earning per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER), Tingkat Inflasi, dan Tingkat Suku Bunga (BI Rate). Analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda dan menggunakan software SPSS. Hasil dari analisis model regresi berganda menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan, Persentase Saham yang Ditawarkan, EPS, ROE, Tingkat Inflasi, dan BI Rate tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat underpricing. Sedangkan DER berpengaruh pada tingkat signifikansi 2,1% terhadap tingkat underpricing perusahaan manufaktur yang melakukan IPO periode Januari 1996 - Desember 2015.

 

Kata kunci: IPO, Underpricing, Ukuran Perusahaan, Persentase Saham yang Ditawarkan, ROE, EPS, DER, Inflasi, BI Rate

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ang, Robert. 1997. Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Beatty, R. P. dan Ritter, J. R. 1986. Investment Banking, Reputation, and the Underpricing of Initial Public Offerings. Journal of Financial Economic, Vol. 15, No. 213-232.

Daljono. 2000. Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Initial Return Saham yang Listing di BEJ Tahun 1990-1997. Makalah Seminar, Seminar Nasional Akuntansi III. Depok.

Darmadji, T. dan Fakhruddin, H. 2001. Pasar Modal di Indonesia, Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta: Salemba Empat.

Dyah Ratih Suliastuti. 2006. Saham & Obligasi (Ringkasan Teori dan Soal Jawab), Edisi Pertama, Cetakan Kedua. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Eduardus Tandelilin. 2010. Portofolio dan Investasi – Teori dan Aplikasi, Edisi Pertama. Yogyakarta: Kanisius.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan Panduan Bagi Akademisi, Manajer, dan Investor untuk Menilai dan Menganalisis Bisnis dari Aspek Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Han-da, P. 2010. Strategic Investor and IPO Underpricing: Chinese Evidence. Asian Pacific Science and Culture Journal. Vol. 1, No. 22-33.

Kim, Keneth, A. and Hyun Shan Shin. 2001. The Underpricing of Seasoned Equity Offering: 1983:1998.

Mohamad Samsul. 2015. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio (Edisi 2). Jakarta: Erlangga.

Penman, Stephen H. 2010. Financial Statement Analysis and Security Valuation (4th Edition). International Edition, Mc. Graw-Hill.

Prihadi, Toto. 2011. Analisis Laporan Keuangan (Cetakan Kedua). Penerbit PPM.

Sandhiaji, Bram Nugroho. 2004. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing pada Penawaran Umum Perdana (IPO) Periode Tahun 1996-2002. Universitas Diponegoro, Semarang.

Sutrisno, dkk. 2000. Pengaruh Variabel Fundamental dan Teknikal terhadap Harga Saham. (Jurnal)

Tambunan, Andi Porman. 2007. Menilai Harga Saham Wajar, Cetakan ke-7. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Titman and Wessels. 1988. The Determinants of Capital Structure Choice. The Journal of Finance, Vol. 43, No. 1. March. pp. 1-19.

Yolana, Chastina, dan Martani, Dwi. 2005. Variabel-variabel yang Mempengaruhi Fenomena Underpricing pada Penawaran Saham Perdana di BEJ Tahun 1994-2001. Makalah Seminar, Seminar Nasional Akuntansi VIII. Solo.
Published
2018-03-28
Section
Articles
Abstract viewed = 453 times
PDF downloaded = 367 times