PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN CEPAT SAJI O’CHICKEN DI PEKANBARU
Abstract
Bauran pemasaran adalah kombinasi dari beberapa metode untuk mempromosikan produk sehingga mencapai hasil maksimal dengan biaya minimum termasuk riset pasar, strategi produk, promosi, harga dan distribusi. Kesetiaan pelanggan adalah hasil yang didapat dari sebuah organisasi yang menciptakan manfaat bagi pelanggannya, sehingga mereka akan tetap membuat pembelian pasir bahkan meningkatkan pembelian organisasi, menciptakan loyalitas konsumen yang nyata ketika pelanggan datang sebagai advokat untuk perusahaan bahkan tanpa insentif. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis dan menguji pengaruh produk, harga, promosi dan tempat terhadap loyalitas pelanggan di restoran cepat saji O-Chicken Pekanbaru. Teknik pengumpulan sampel telah dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisis datanya telah dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda dan sampel berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan harga dan tempat tidak berdampak dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
Kata kunci: Produk, Harga, Promosi, Tempat, dan Loyalitas Pelanggan
Downloads
References
Griffin, Jill. 2009. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetian Pelanggan, Alih Bahasa oleh Dwi Kartini Yahya.Jakarta : Erlangga
Hurriyati, R. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1 dan 2. Cetakan Keempat. PT. Indeks. Jakarta
Kotler, Philip dan Gary, Armstrong. 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kurniawati, Dewi. 2014. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol:14,No.2. Universitas Brawijaya, Malang.
Kotler, Philip dalam Drs. Danang Sunyoto, SH, SE, MM, 2014, Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, Konsep, Strategi dan Kasus, Edisi Ke Tiga, CAPS (Center of Academic Publishing Service)
Lumintang, Andrew A. 2013. ”Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Mandi Lifebuoy Di Kota Manado”. Jurnal EkonomiManajemen dan Bisnis Akuntansi (EMBA).Vol. 1. No. 3.
Nugroho Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Prenada Medoa
Oetama, Seanawati. 2011. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Motor Honda di Sampit. Jurnal Ilmu Sosial, 3(1): h:40-53
Risyamuka, I.K. 2013. Pengaruh marketing mix terhadap loyalitas pelanggan produk hijau di restoran sari organic
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing. Yogyakarta.
Ubud. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali. September 2013. Hal. 140 – 150. Universitas Sam Ratulangi Manado. Manado.
V.Wiratna Sujarweni, 2015, Metedologi Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Baru Press.
Wirasti , Dian Retno. 2010. Pengaruh persepsi kualitas pelayanan , persepsi kewajaran harga dan corporate image terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel mediasi pada layanan after-sales (service -part) toyota nasmoco solobaru. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.
V.Wiratna Sujarweni, 2015, Metedologi Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Baru Press.
Yonaldi, Sepris. 2011. ”Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Minuman Teh Botol Sosro Frestea (StudiKasus Mahasiswa Universitas Andalas Padang)”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Volume 2. Nomor 1. Januari 2011. Hal. 79 – 114. Universitas Andalas, Padang.