KAJIAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN JASA PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL (Survey pada Aras Futsal Kota Pekanbaru)
Abstract
Olahraga merupakan kebutuhan setiap manusia di dalam kehidupan agar kondisi fisik dan kesehatannya tetap terjaga dengan baik. Gaya hidup dijaman moderen menuntut manusia akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja Futsal sebagai olah raga alternatif kini menjadi salah satu olah raga yang paling digemari di Indonesia termasuk di Kota Pekanbaru . Terbukti dengan semakin menjamurnya arena bermain futsal dan persaingan bisnis jasa penyewaan lapangan futsal disetiap sudut Kota Pekanbaru bahwa kepuasan konsumen akan terpenuhi apabila proses penyampaian jasa dari pemberi jasa kepada konsumen sesuai dengan apa yang dipersepsikan konsumen, Penelitian ini adalah penelitian deskriptipf, metode yang digunakan adalah metode survey, poplasi adalah pelanggan yang menggunakan jasa pada lapangan Aras futsal, sedangkan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Accidental Sampling, dengan menggunakan angket sedangkan untuk menganalisa data dengan mengunakan teknik deskriptif penelitian ini menggunakan rumus mean (rata-rata) dan persentase.Skala (alat ukur) tanggapan responden menggunakan skala Linkert atau skala penentuan dan dapat dijadikan titik tolak untuk membuat instrument berupa pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab oleh responden
Kata Kunci : Persepsi konsumen, Pelayanan jasa
Downloads
References
Ciptono Pandi 2004, Manajemen Jasa Yogyakarta . Andy Offset
Justinus Lhaksana 2011 Materi Coaching Clinic Mizone. Jakarta Difamata Sport EO
Kotler, Philip, dan Kevin Lane keller 2007 Manajemen Pemasaran Jilid I
Lupiyoadi, Rambat 2001 Manajemen Pemasaran jasa Edisi Pertama Salemba 4 Jakarta
Mifta Toha 2003 Perilaku Organisasi Konsep dasar Aplikasinya . Jakarta Grafindo Persada
Maksum, Ali. 2007. Statistik dalam Olahraga. Surabaya: UNESA
Maksum, Ali. 2009. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: UNESA
Rianto Adi. (2010). Metodologi Penelitian Sosial dan hukum. Jakarta Granit 2004.
Rambat Lupiyoadi. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat
Setiawan, Anjam. 2011. “Minat Siswa SMP ULUL ALBAB TAMAN SIDOARJO Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal”. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: UNESA
Slameto 2010 Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta Rineka CiptaSuharsimi Arikonto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.