BID’AH HASANAH TRANSAKSI EKONOMI ISLAM (Terminologi Bid’ah Ulama)

  • nurhadi nurhadi stai al-azhar pekanbaru

Abstract

Abstrak: Kaidah dasar dalam kajian fiqih muamalah adalah al-ashlu fil mu’amalah al-ibahah, illa ma dalla dalilun ‘ala tahrimihi, maksudnya hukum asal perbuatan dalam muamalah adalah boleh, kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Penggunaan istilah Ekonomi Islam adalah bagian dari bid’ah agama, yang muncul pada tahun 1940-an di Negara India. Demikian menurut pendapat Timur Kuran, Profesor Ekonomi Politik, ia berpendapat sesuai dengan hasil penelitianya, membuktikan bahwa Ekonomi Islam sama sekali tidak dapat ditemukan dalam tradisi Islam. Sehingga istilah-istilah dan lembaga-lembaga bisnis sekarang yang tidak ada contoh dari Nabi dan tidak pernak ada pada zaman nabi adalah bid’ah. Nah, lalu apakah yang dimaksud dengan bid’ah menurut para ulama dan adakah bid’ah-bid’ah dalam ekonomi Islam. Hasil pembahasan menyatakan, bid’ah adalah setiap perbuatan yang tidak ada dan tidak dilakukan pada zaman Nabi yang bertentagan dengan nash al-Qur’an dan sunnah serta mashlahah. Melihat praktek ekonomi modern, maka banyak bid’ah-bid’ah dalam ekonomi Islam, diantaranya adalah istilah ekonomi Islam itu sendiri. Kegiatan dari ekonomi Islam di Indonesia yang merupakan bid’ah adalah perbankan syariah, zakat propesi dan lainya. Secara etimologi ketiganya disebut dengan bid’ah, namun secara terminology belum dapat dikatakan bid’ah. Sedangkan kaidah fiqih menjelasan “al-ashlu fil mu’amalah al-ibahah, illa ma dalla dalilun ‘ala tahrimihi”, kaedah inilah yang menutup pemaknaan konotasi buruk dari ungkapan bid’ah, menjadi bid’ah hasanah (baik) karena mengandung banyak kemashlahatan untuk manusia.

 

Kata Kunci: Bid’ah Hasanah, Transaksi Ekonomi Islam

 

Abstract: The basic rule in the study of fiqih muamalah is al-ashlu fil mu'amalah al-ibahah, illa ma dalla dalilun 'ala tahrimihi, meaning the law of origin of deeds in muamalah is okay, unless there is a proposition that forbid it. The use of the term Islamic Economics is part of the religious heresy, which emerged in the 1940s in the State of India. Thus in the opinion of the Eastern Kuran, Professor of Political Economy, he argues in accordance with the results of his research, proving that Islamic Economics can not be found in Islamic tradition. So the terms and institutions of business now that there is no example of the Prophet and not necessarily present in the time of the prophet are heresy. Well, then what is meant by heresy according to the scholars and is there bid'ah-bid'ah in Islamic economy. The result of the discussion states that heresy is any act that does not exist and is not done at the time of the Prophet which contradicts the texts of the Qur'an and sunna and mashlahah. Seeing modern economic practice, then many bid'ah-bid'ah in Islamic economics, among them is the term Islamic economics itself. The activities of Islamic economics in Indonesia which are bid'ah are syariah banking, zakat propesi and others. Etymologically all three are called heresy, but in terminology can not be said bid'ah. While the rule of fiqih explains "al-ashlu fil mu'amalah al-ibahah, illa ma dalla dalilun 'ala tahrimihi", this is the kaedah closing the meaning of bad connotation of the expression bid'ah, a bid'ah hasanah (good) because it contains many kemashlahatan for humans.

 

Keywords: Bid'ah Hasanah, Transaction Economy Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Abd al-Ra`uf Muhammad al-Munawi, Faidh al-Qadir Syarah Jamius Shagir, (Beirut: Darul Ma’rifah, 1982), juz VI, hadits 8333
Abdul Illah bin Husain al-arfaj, Mafhum Bid’ah (Riyad: Darul fatah, 2012 M/1433 H), cet. II, dan terjemhan: Mohammad Taufiq Q Hulaimi, Konsef Bid’ah dan Toleransi Fiqih (Jakarta: I’tishom, 2013), cet. II
Abdul Illah bin Husain al-Arfaj, Mafhumul Bid’ah (Riyad: Darul fatah, 2012 M/1433 H) dan tejemahan Mohammad Taufiq Q Hulaimi, Konsef Bid’ah dan Toleransi Fiqih (Jakarta: I’tishom, 2013), cet. II
Abdul Manan, Hukum Ekonomi Syariah, (Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2012), hlm. 203
Abdullah Saeed, Islamic Banking And Interest: A Study Of The Prohibilition Of Riba And Its Contemporary Interpretation, Ej Brill, Leiden, 1996
Abdur Rahman bin Abu Bakar bin Muhammad bin Sabiq Al-Khudhari As-Suyuthi, Syarah Assuyuthiy, (Beirut: Darul Ma’arif, 1138 H), Juz III
Abdurrahman bin Syihabuddin Zainuddin Abul Faraz ibnu Rajab al-Hambali, Jami` al-`Ulum wal-Hikam, (Darul Ibnu Katsir, 2008 M/1429 H), juz II
Abi Abdillah Muhammad bin Ahmad al-Anshari al-Qurthubi, Jamiul Ahkamil Qura’an, Tafsir al-Imam al-Qurthubi, (Mesir: daru Kutub, 1935 H), jilid II
Abi Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Abdari al-Mashury bi Ibnul-Hajj, “Madkhal asy-Syar`asy-Syarif, (Mesir: Iskanadariyah, 1291 H), jilid II
Abil Qasyim ali bin Hasan bin Habbatatllah Ibn `Asakir ad-Dimiqi, Tabyin Kadzib al-Muftari, ( Dimsqa Syam: Maktabatah at-Tausin, 1347)
Abu Abdillah bin shalih bin Muhammad bin Sulaiman bin Abdurrahman al-Utsaimin al-Wuhaiby at-tamimy, Al-Majmu' al-Tsamin, (Riyad: Darul Wthan, 1413 H), juz I
Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Utsman bin Qaimaz bin Abdullah adz-Dzahabi al-Fariqi dalam “Siyar”, jilid VIII
Abu Bakar al-Mulla al-Hanafi, Mahdun nashihah li muridi al-aqidah ash-Shahihah (Beirut: Darul Fikri, 1999 M/1420 H)
Abu Fdhli Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmah bin Hajar Al-Asqolani, Fathul Brri, (Bairut: Darul Ma’arif, 2003), jilid IV.
Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Imam Gazali at-Thusi, Ihya Ulumuddin, (Mesir: Darul Fikri, 2007), jilid I
Abu Ishak Ibrahim bin Musa Al-Syathibi, Al-I’tisham, (Beirut: Maktabah Tauhid, 790 H), Juz. I dan Ringkasan: Alwi bin Abdul Qadir as-Seqqaf, Mukhtasar Kitabu I’thisam, (Darul Hijrah, 1997) dan Terjemahan: Arif Syarifuddin, Lc, Membedak Seluk Beluk, (Yokyakarta: Media Hidayah, 2003)
Abu Muhamad Izzuddin ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdul Salam al-Sulami al-Syafi’i, Qawa’id Al-Ahkam fi Mashalih Al-Anam, (Bairut: Darul Ma’arif, 2001), jilid II
Agus Marimin dan Tira Nur Fitria, Zakat Profesi (Zakat Penghasilan) Menurut Hukum Islam (Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam - Vol. 01, No. 01, Maret 20150
Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Hajar Al-Kannani Al-Asqalani Al-Mishri, Fath al-Bari bi Syarah Shahih Bukhari, (Mesir: Darul al-Hadist, 1985), juz XIII
Ahmad bin Muhammad Ash-Shawiy al-Maliki, Tafsir al-Shawy, (Jakarta: Darul Ihya al-Kutub al-Arabiyah, tt), Juz. IV
Ahmad bin Muhammad Ash-Shawiy al-Maliki, Tafsir al-Shawy, (Jakarta: Darul Ihya al-Kutub al-Arabiyah, tt), Juz. IV
Ahmad bin Syu'aib Al Khurasany atau Imam An-Nasa`i, Shahih Sunan Nasa’i, tahqiq: Muhammad Nashiruddin Al-Bani, (Jakarta: Putaka Azzam, 2013), jilid I
Ahmad El-Najjar, Bank Bila Fawaid Ka Istiratijiyah Lil Tanmiyah Al-Iqtishadiyah, King Abdul Aziz University Press, Jeddah, 1972
Ali as-Salus, Mausu’ah al-Qadhaya al-Fiqhiyah al-Mu’ashirah, (Cairo: Maktabah Ilmiyah, 1427 H)
Al-Imam Abu Umar Yusuf bin Abdil barr al-Namiri al-Andalusi, Al-Istidzkar, (Beirut: Dar kuttaibah, 1993), jili V
Al-Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi an-Naisaburi, Shahih Muslim, no.1017
Al-Yazid Ar-Radhi, Zakah Rawatib Al-Muwazhaffin, (Lebanon: Maktabah Alamiyah, 1423 H)
AmalMadinah,KepalsuanEkonomiIslam.wibesiteonline.https://sunnahmadinah.wordpress.com/2016/01/05/kepalsuan-ekonomi-islam-2/.diakses25Februari2018.
Ardiansyah, Zakat Propesi Sucikan Hati Bersihkan Penghasilan (Kumpulan Makalah Muzakarah MUI-SU),
Arif Mufraini, Akuntansi dan Manajemen Zakat (Jakarta: Kencana, 2006)
As-Subki, Ad-Durar Al-Kamin, jilid I
Badaruddin Abi Muhammad Mahmud bin Ahmad al-Yani, Umdat Al-Qari Syarah Sahih Bhuhari, (Bairut: Maktabah Darul Kutub al-Ilmiyah, 855 H), juz XI, hlm: 126 dan juz XVII, hlm: 155.
Deni Setiawan, Zakat Propse dalam pandangan Islam (Jurnal Maret 2011)
Departemen AgamaRI, al-Qur’an dan Terjemhanya, Qs. Al-hadid (57) ayat 27
Didin Hafidhuddin, Panduan Praktis Tentang Zakat, Infaq, Sedekah, (Jakarta: Gema Insani Press, 2008)
Dr.wahbah Juahaili, Ushul Fiqhi al-Islami, Juz I
Fahruddin ar-Razi Muhammad bin Umar bin Husein, Manaqib As-Syafii’ (Mesir, Maktabah Kulliyah al-Azhar, 1986M/1406 H), jilid I
Hamid al-Din Abu’l-Hasan Ahmad bin ‘Abdallah al-Kirmani, al-Kawakib ad-Darari Syarh Shahihal-Bukhari, (Mesir: Darul Kutub, 1937), jilid IX
Ibn Rusyd. Bidâyat al-Mujtaahid, juz I, (t.t. Mustafa babi halabi, 1379 H- 1960 M)
Idris bin Baidiki at-Turkmani, al-Luma` fil-Hawadits wal-Bida`, (Darul Ihyail Kutubil al-Arabiyati, 1406 H), jilid I
Imam Abi Bakri Muhammad bin Walid At-Turtushi, al-Hawadits wal-Bida`, (Riyad: Drul Ibnu Jauzi, 1990)
Imam Abu Zakariya Muhyiddin bin Syarifuddin ibnu Syarif An-Nawawi, Tahdzibul 'Asma wal Lughot, (Darul Kutub Ilmiyah, tt), jilid III
Imam Al-Hafizh Al-Muttaqin Abu Bakar Ahmad bin Al-Husain bin Ali bin Musa Al-Khusrauijrdi Al-Khurasani Al-Baihaqi, Manaqib Asy Syafii, (Mesir: Darul as-Sunnah, 1997), juz I
Imam Al-Mufassir Al-Allamah Al-Qurtubi dan Imam Al-Mufassir Ibn Kathir (Tabaqat As-Syafi’iyyah Al-Kubra, jilid X
Imam Humaid al Himyari, “al-Bid`ah al-Hasanah, (Bairut: Darul Ilmiyah, 1999)
Kautsar Riza Salman, Akuntansi Perbankan Syariah, (Akademia Pertama, Padang, 2001)
Majallah, Majalah al-Da'wah, terbitan tgl 7 bulan11 (Nopember) tahun 1410 H
Mubarak bin Muhammad Jazri bin Atsir Majduddin Abu as-Sa’adah, Nihayah Fi Gharib Hadits wal atsar, (Beirut: Dar Ibnu Jauziyah, 1423 H), juz I
Muhamad bin Abdullah bin Muhamad Abdullah bin Ahmad bin al-Arabi al-Isbili al-Maliki, Aridhat Al-Ahwadzi Syarah Jami’ Attirmidziy, (Bairut: Darul Kutub al-Ilmiyah, tt), jilid X
MuhammaAli Adz-Zdabi’i, penterjemah: Drs. Muhammad Thalib, Bahaya Mengekor Non Muslim, (Yokyakarta: Media Hidayah, 2003)
Muhammad ali bin syekh bin Qadhi Muhammad Hamid ibni Muhammad shabiri al-Faruqi at-Tahanawi al-Hindi al-Hanafi, Kassyaf Istilahatal-Funun, (Al-Hindi: Musiti afi bankal Kulkulah, 1652 M), jilid I
Muhammad Amin bin Umar Ibnu Abidin, Darul Mukhtar alad Daril Mukhtar al-Hasyiyah Ibnu ‘Abidin, (Darul Ilmi al-kutubi, 2003), jilid I
Muhammad Hamrozi, Implementasi Zakat Propesi di Universitas Muhammadiyah Malang (Skripsi 2007)
Muhammad, Zakat Propesi, Wacana Pemikiran dalam Fiqih Kontemporer (Jakarta: Salemba Diniyah, 2012)
Nurhadi, Analisis Hukum Perikatan Klausul Akad Pembiayaan Murabahah Bil Wakalah Nomor.090/MRBH/PKB/V/2016 Bank Rakyat Indonesia Syari’ah (Tesis UIR, 2016)
Nurhadi, Kaifiat Shalat yang di Bid’ahkan Perspektif Empat Mazhab (Bid’ah muttafaqah dan Mukhtalafah) (Tesis UIN Suska Riau, 2014)
Said Muhammad az-Zurqani, “Syarh al-Muwattha’, (Mesir: Iskandariyah, 1280 H), jilid I
Sayyid Al-Bakri Abu Bakar bin Muhammad Syatha' Addimyatiy, I’anah At-Thalibin, (Semarang: Toha Putra, tt), juz II
Shihabuddin Ahmad bin Idris ibni Abdi Rahman as-Shanhaji as_syahiri al-Qarafi, al-Furuq, (Darul Kutub al-Ilmiyah, 2001), jilid IV
Syaikh Abdul Lathif al-Sha’idi, Al-I'tidal Fima Sya'a 'An al-Bid'ah Min al-Aqwal, (Mesir: Darul Fikri, 20006)
Syihabuddin Ahmad bin Hajar Al-Haitami, Fathul Mubin, Al-‘Amirah As Syarfiah, )Mesir: Darul Fikri, 2003)
Taqiyuddin Ibnu Taimiyah, I’tiqad Siratal Mustaqim, (Lebanon: Darul Fikr Lebanon, 1421 H),
Tutik Hamidah, M.Ag (dosen Fakultas Syariah UIN Maliki). Sumber : http://www.elzawa-uinmaliki.org/zakat-profesi-menurut-fatwa-ulama-kontemporer/.diakses24Februari2018.
Wahbah az-Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, (Cairo: Maktabah Ilmiyah, 1429 H), juz II
Yusuf Al-Qaradhawi, Fiqh az-Zakah, (Mesir: Maktbah Ilmiyah, 1427H), juz I
Yusuf Qardawi, Hukum Zakat (Bogor: Litera Antar Nusa, 2007)
Zainuddin abil Faraj Abdirrahman bin Syihabuddin al-Bagdadi as-Syahiri ibni Rajab al-Hambali, Jamiul Ulumi wal Hikam, (Beirut Mesiar: Darul Ibnu Katsir, 2008)
Published
2018-10-17
Section
Articles