KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA SETELAH MASA PANDEMI COVID-19

  • Serly Novianti
Keywords: Kinerja Perbankan, bank umum syariah, pasca pandemi, covid-19

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perbankan syariah di Indonesia khususnya bank umum syariah di Indonesia setelah masa pandemi covid-19. Kinerja keuangan yang akan dilakukan dengan melihat nilai CAR, ROA, NPF, FDR, BOPO, Profitabilitas, Likuiditas dan Efesiensi. Kinerja keuangan merupakan salah satu cara investor untuk menilai perusahaan yang akan menjadi target investasi. Adapun   metode yang digunakan       dalam   penelitian   ini   menggunakan   metode penelitian kualitatif. Analisis data dilakukan secara induktif. Artinya pengambilan kesimpulan bertolak dari fakta-fakta khusus yang di peroleh di lapangan dan bukan dari teori tertentu saja. Teknik pengumpulan data dengan dokumen.  pada tahun 2021-2023. Hasil dari penelitian ini bahwa kinerja keuangan masih dalam tahap pemulihan yang sudah membaik karena bisa dilihat dari priode per priode. Fenomena digitalisasi yang semakin meluas mengakibatkan terjadi pergeseran perilaku yang sedang dialami oleh dunia bisnis, tak terkecuali perbankan syariah, sehingga perbankan perlu mencari cara baru berinovasi agar tetap relevan di dunia yang semakin digital.

 

Kata kunci: Kinerja Perbankan, bank umum syariah, pasca pandemi, covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bogdan dan Taylor. 2012. Prosedur Penelitian. Dalam Moleong, Pendekatan Kualitatif. (him. 4). Jakarta: Rineka Cipta.

Dangnga, M. T., & Haeruddin, M. I. M. 2018. Kinerja Keuangan Perbankan: Upaya Untuk Menciptakan Sistem Perbankan Yang Sehat. Makasar: CV. Nur Lina.

Fahmi, Irham. 2012. “Analisis Kinerja Keuangan” , Bandung: Alfabeta

Jayani, D. H. 2021. Jurnalisme Data. Diambil kembali dari katadata.co.id: https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/61b945392d739/peta-persaingane-commerce-di-indonesia

Munawir,S. 2012. “Analisis Informasi Keuangan”. Yogyakarta : Liberty

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga

Suwardi Endraswara,. 2006. Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan. “Ideologi, Epistemologi, Dan Aplikasi”. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Sumber lain :

POJK RI No. 16/PJOK.03/2022
PBI No. 11/3/PBI/2009
PBI No. 15/13/PBI/2013
SEBI No. 11/9/DPbS tentang Bank Umum Syariah dan perubahannya SEBI No. 15/50/DPbS
https://www.ojk.go.id
Published
2023-11-01
Section
Articles
Abstract viewed = 124 times
PDF downloaded = 112 times