PENGARUH PENERAPAN GREEN ADVERTISING DAN HARGA PREMIUM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • slamet heri winarno Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: periklanan hijau, harga premium, keputusan pembelian

Abstract

Bisnis produk hijau saat ini telah berkembang sangat pesat, menerapkan bisnis hijau yang ramah lingkungan telah mampu menjadi bisnis utama. Perkembangan bisnis ini salah satunya dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini memprioritaskan faktor kesehatan dalam mengkonsumsi produk. Diyakini bahwa dalam 10 tahun terakhir pengembangan produk hijau telah mencapai keuntungan yang signifikan. Melalui pemasaran ramah lingkungan, perusahaan telah berhasil menciptakan perilaku pembelian konsumen sehingga produk hijau lebih disukai. Salah satu strategi pemasaran ramah lingkungan adalah dengan melakukan periklanan ramah lingkungan dan strategi penetapan harga premium, yang diharapkan dapat meningkatkan minat konsumen dalam memutuskan untuk membeli produk ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan ramah lingkungan dan harga premium terhadap keputusan pembelian konsumen. Objek utama adalah produk kopi hijau yang sangat populer dengan berbagai lapisan masyarakat, menggunakan responden 100 orang pecinta kopi dari berbagai latar belakang di Jabodetabek menggunakan metode statistik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa R square adalah 67,2%, yang menunjukkan bahwa keputusan pembelian oleh penikmat kopi secara positif dan signifikan dipengaruhi oleh iklan hijau dan harga premium, sedangkan 32,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini dengan persamaan regresi Y = 0,550 + 0.287X1 + 0.184X2. Secara simultan dan sebagian dapat dikatakan bahwa ada hubungan yang kuat antara iklan ramah lingkungan dan harga premium dengan keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajizah, N., & Suharyono. (2017). Analisis Penerapan Green Marketing Pada Produk Naoogst Cigar Sebagai Strategi Pemasaran Internasional. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 51(2), 67–75.

Albino, V. Et All. (2009). Environmental Strategies And Green Product Development: An Overview On Sustainabilitu-Driven Companies. Business Strategy And The Environment, 8, 83–96.

Elham, R., & Wahid, N. A. (2011). Investigation Of Green Marketing Tools’ Effect On Consumers’ Purchase Behavior. Business Strategy Series, 12(2), 73–83.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management (Second Ed). New Jersey: Pearson Education Inc.

Natekar, A. R. (2016). Social Networking : An Imminent Tool For Marketing. Intercontinental Journal Of Marketing Management, 3(1), 24–28.

Nugroho, S. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Pt Kencana Prenanda Media.

Rahayu, L. M. P., Abdillah, Y., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Experiental Marketing Dan Emotional Marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Konsumen Sepatu Nike Di Indonesia Dan Di Malaysia ). Jurnal Administrasi Bisnis, 39(2), 92–99.

Ridwan, M., Bafadhal, A. S., & Administrasi, F. I. (2015). Pengaruh Green Product, Green Advertising Dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013 / 2014 Dan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Konsumen Air Minum Kemasa. Jurnal Administrasi Bisnis, 55(1), 80–90.

Saladin, H. D. (2006). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Singh, P. B., & Pandey, K. K. (2012). Green Marketing: Policies And Practices For Sustainable Development. Integral Review: A Journal Of Management., 5(1), 22–30.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2014). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, F. (2012). Service, Quality Dan Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Winarno, S. H. (2012). Analisa Strategi Promosi Produk Dalam New Wave Marketing. Jurnal Perspektif, 10(1), 53–64. Retrieved From Https://Www.Researchgate.Net/Publication/309836048_Analisis_Strategi_Promosi_Produk_Dalam_New_Wave_Marketing%0a

Winarno, S. H., Givan, B., & Yudhistira, Y. (2018). Determinan Loyalitas Pelanggan Pada Operator Telepon Selular. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 151–162. Https://Doi.Org/10.15408/Ess.V8i2.7586

Yani, M., & Astuti, M. (2016). Pengaruh Green Marketing, Lingkungan Dan Kesaehatan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Membeli Produk Organik ( Studi Pada Hero Supermarket Sidoarjo). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 336–351.

Yeng, F., & Rashad Yazdanifard, W. (2015). Green Marketing: A Study Of Consumers Buying Behavior In Relation To Green Products. Global Journal Of Management And Business Research, 15(5).

.
Published
2019-03-31
Section
Articles