FAKTOR DOMINAN PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PRILAKU KOSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SUATU PRODUK

Main Article Content

luna theresia tambunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dominan bauran dan indikator promosi yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian suatu produk. Sampel penelitian ini sebannyak 105 orang n=105) mahasiswa STIE LMII, Medan tahun akademik 2018-2019. Instrumen penelitian menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan model persamaan struktural. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa bauran promosi secara simultan, yaitu publicity dan sales promotion, dan secara parsial, yaitu publicity, sales promosion, dan direct marketing merupakan faktor dominan yang mempengaruhi prilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian handpone. Berdasarkan indikator sales promotion, yaitu (1) mengarahkan perhatian konsumen terhadap produk, (2) mendorong calon konsumen untuk membeli, dan (3) membangkitkan keinginan calon konsumen untuk melakukan pembelian, serta faktor  publicity, yaitu pemberitaan produk secara actual merupakan faktor dominan yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian suatu produk.


Bauran promosi, perilaku konsumen, keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to Measurement Theory. Monterey: Brooks /Cole Publishing company
Alma, B. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan ke-7. Bandung: Alfabeta
Babin. (2011). Menjelajahi Riset Pemasaran. Jakarta : Penerbit Salemba Empat
Budiarto, S. (2011). Pemasaran Industri. Yogyakarta: Andi
Chandra, E. (2016). Hubungan Direct Marketing dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Pie Elis. PERFORMA: Jurnal Managemen dan Strat-Up Bisnis, 1(4), 414-423.
Chandra, G. (2005). Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: ANDI
Dellamita, M. F, dkk, (2014). Penerapan Personal Selling (Penjualan Pribadi) untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Administrasi Bisnis. 9 (2), 1-6. http://download .portalgaruda.org/article.php?article=189953&val=6468&title=penerapan%20personal%20selling%20%28penjualan%20pribad

Fortunisa, A., & Agassi, A. A. (2012). Pesan Iklan Televisi dan Personal Selling: Alat Promosi untuk Peningkatan Keputusan Pembelian. Jurnal Elektronik, 2 (2). 377-385. http://journal.bakrie.ac.id/index.php/Journal_Communication_spectrum/ article/view/283/247
Gitosudarmo, I. (2000). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE
Hasan, A. (2008). Marketing. Yogyakarta: MedPress
Hermawan, A.( 2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kismono, G. (2011). Bisnis Pengantar. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE
Kotler, P. ( 2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prehanlindo
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Klaten: PT. Intan Sejati.
Kotler, P. (2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 jilid 1. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Principle of Marketing.8th Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2012). Marketing Management, Fourteen Edition. England: Pearson Education Limited
Kusmayani, D. K. Y., Anjuman, Z., dan Indrayani, L. (2014). Pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame di Queneno Group Singaraja Tahun 2014. Jurnal Elektronik, 4(1).1-11. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/ article/view /4063/3207
Lamb, C. W. (2001). Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
Lontoh, M. N. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota pada PT Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean. Jurnal Berkala Ilmiah, 16(01),515-525. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/
Mariana. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Industri Ukm Amplang Ud. Sinar Rejeki di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2), 388-402. http://ejournal.adbisnis.fisipunmul.ac.id/ jurnal % 20Mariana% 20(05-19-15-03-34-14).pdf.
Moriarty., Sandra., Mitchell, N., & William Wells, W. (2009). Advertising. Diterjemahkan oleh: Tribowo B.S. 2011. Edisi 8. Jakarta: Kencana.
Natalia, P., & Mulyana, M. (2014). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2 (2), 119-128. file://C: /Users/acer/Downloads/13-IMKES2014Vol2No2PriccilaNataliadanMumuh Mulyana.pdf
Nilam, N. D., & Nuzulia. (2014). Efektivitas Personal Selling dan Sales Promotion dengan Sampel Produk Trehadap Keputusan Pembelian Konsumen. Journal of Social and Industrial Psychology, 3 (1), 41-47
Panjaitan, T. H. (2016). Pengaruh Persona; Selling Terhadap Pembelian (Studi Kasus PT Millenium Pharmacon International Tbk Cabang Bandung). e-Proceeding of Applied Science, 2 (2), 448-457.
Priyanto, R. E. (2014). Pengaruh Personal Selling dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2 (1), 69-78. http://jurnal. Stiekesatuan .ac.id/index.php/jimk/article/view/412/440
Qolbi, U. S., Fauzi, A., & Sunarti. (2014). Pengaruh Iklan Terhadap Sikap Konsumen (Survei pada Pengunjung yang Pernah Bermain Game Pro Evolution Soccer di Flux Capital Of Entertainment Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 10 (1), 1-8. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=190017&val=6468 & title=PENGARUH%20IKLAN%20TERHADAP%20SIKAP%20KONSUMEN%20
Ryan, T. (2013). Sample Size Determination and Power. New York: John Wiley and Sons
Rezki, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ruko Pada Cv. Sinar Jaya Global Steel Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 6(5), 1-21. http://journal.unitaspdg.ac.id/downlot filemh.phpfile =JurnalRahmadRezki
Sandy, F., Arifin Z., & Yaningwati, F. (2014). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Jurusan Bisnis Angkatan 2010-2012 Fakultas Ilmu Adminsitrasi Pengguna Indosat di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9 (2), 1-10. http://download.portalgaruda.org/article.php?
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasinya untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2000), Consumer Behavior, 7th Ed, New Jersey: Prentice Hall.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L. L. (2004). Consumer Behaviour, Fifth Editions. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Sivanesan, R. (2014). Impact of Brand Image and Advertisement on Consumer Buying Behavior-Comparative Study on Rural and Urban Consumers”.International Journal of Research in Management & Business Studies. 1(2),73-80. http://ijrmbs.com/vol1issue2/ 1/r_sivanesan.pdf
Sudarwati., Kustiyah, E., & Tsani, F. A. (2017). Pengaruh Periklanan, Personal Selling, Publisitas dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus di PT. Batik Semar Surakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 4 (3), 360-372. file://C:/Users/acer/Downloads/129-Article%20Text-263-1-10-20180623.pdf
Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suki, N. M. (2013). Green Awareness Effects on Consumers Purchasing Decision: Some Insights From Malaysia. IJAPS, 9 (2), 1-10
Sunyoto, D. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS
Surjadi, D. (2012). Pengaruh Iklan Terhadap Prilaku Pembelian Konsumen The dalam Keluarga. Jurnal Agro Ekonomi, 20(2), 92-107. https://dx.doi.org/10.21082/jae. v20n2.2002.92-107
Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Stanton., William, J. (1991). Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Swastha, B., & Handoko, T.H. (2000). Manajemen Pemasaran (Analisis Perilaku Konsumen), Edisi ke 2. Yogyakarta: Liberty.
Swastha., & Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, F. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset.
Togas, N. M.N., Sepang, J. L., & Wenas, R.S. (2014). Periklanan, Penjualan Pribadi, Promosi Penjualan, dan Publisitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Penerbit Andi Cabang Menado. Jurnal EMBA, 2 (4), 578-588. http://download.portalgaruda.org/ article.php? article=292004&val=1025&title=PERIKLANAN,%20PENJUALAN%20PRIBADI,%20PROMOSI%20 PENJUALAN,%20DAN%20PUBLISITAS
Yan, R. G.P.S, Repi, A., & Lumanauw, B. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kenderaan Bermotor di PT Tridjaya Mulia Sukses Manado. Jurnal EMBA, 6 (1), 101-110. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php /emba/ article/viewFile/18831/18380
Yudhiartika, D., & Haryanto, J.O. (2012). Pengaruh Personal Selling, Display, Promosi Penjualan Terhadap Kesadaran Merek dan Intensi Membeli pada Produk Kecantikan Pond’s. Jurnal Elektronik, 17 (2),99-225. http://ojs.unud.ac.id/index.php /bse/article/ download/2187/1386
Yuniyanto, H. R., & Sirine, H. (2018) Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Pengguna Youtube dengan Brand Recognition sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8 (1), 21-28. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/esensi/article/viewFile/ 5885/pdf
Walker, B. L. (1997). Manajemen Pemasaran, Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Wariki, G.H., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA, 3 (2), 1073-1085. http://download. portalgaruda.org/article.php?article=377503&val=1025&title=PENGARUH%20BAURAN%20PROMOSI