THE EFFECT OF PERCEIVED USEFULNESS AND PERCEIVED EASE OF USE ON PURCHASE INTENTION THROUGH BRAND IMAGE AS AN INTERVENING VARIABLE IN YOGYAKARTA UST SHOPEE USERS

  • violita damayanti Universitas Sarjanawiyata Tamnsiswa
Keywords: perceived usefulness, perceived ease of use, brand image, purchase intention

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap niat pembelian melalui citra merek sebagai variabel intervening di Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa shopee UST Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Data Teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi yang didukung oleh uji t, uji asumsi klasik, dan uji sobel. Hasil analisis data dengan signifikansi 0,05 menunjukkan Persepsi Kegunaan tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Citra Merek, Persepsi Kemudahan Penggunaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Citra Merek, Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intensi Pembelian. , Khasiat yang Dipersepsikan tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Pembelian, Kemudahan Penggunaan yang Dipersepsikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Bouhlel, Olfa., Mzoughi, Nabil., Skander,M.S.G., Negra, Anissa. 2010. “Online Purchase Intention Understanding the Blogosphere Effect”. The journal of e-Business Management, Vol. No. 2,pp.35-51.
Bugembe, Juliet, "Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude and Actual Usage of a New Financial Management System: A Case Study of Uganda National Examinations Board", (Disertasi--Makerere University, T.Tp.,2010.
Davis, Fred D. "Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology." MIS quarterly(1989): 319-340.
Kigongo, Nakayima Juliet. "Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Behavioural Intention to Use and Actual System Usage in Centenary Bank." Unpublished master dissertation(2011).
Kotler & Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1 & 2. Jakarta: Indeks.
Kumalasari, Dewi, “Pengaruh Percieved Enjoyment dan Perceived Usefulness Terhadap Online Trust dan Minat Membeli Secara Online Muslimah di Kabuoaten Mojokerto”, (Tesis-Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya., 2017).
Laroche, Michel, Chankon Kim, and Lianxi Zhou. "Brand familiarity and confidence as determinants of purchase intention: An empirical test in a multiple brand context." Journal of business Research 37.2 (1996): 115-120.
Lim Yi Jin, et al., “Perceived Usefulness and Trust Toward Consumer Behaviors: a Perspective of Consumer Online shopping”, Journal of Asian Scientific Research, Vol. 4 No. 10 .2014.
Lin, Nan-Hong, and Bih-Shya Lin. "The effect of brand image and product knowledge on purchase intention moderated by price discount." Journal of International Management Studies 2.2 (2007): 121-132.
Nurrahmanto, Prasetyo Agus, and Edy RAHARDJA. Pengaruh kemudahan penggunaan, kenikmatan berbelanja, pengalaman berbelanja dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen di situs jual beli online bukalapak. com. Diss. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2015.
Perea y Monsuwé, T., Dellaert, B. G., & De Ruyter, K. (2004). What drives consumers to shop online? A literature review. International journal of service industry management, 15(1), 102-121.
Ruhamak, M. Dian, and Budi Rahayu. "Pengaruh Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare." EKONIKA: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri 1.2 (2016).
Salisbury, W. David, et al. "Perceived security and World Wide Web purchase intention." Industrial Management & Data Systems 101.4 (2001): 165-177.
Schiffman, L. G., and L. L. Kanuk. "Purchasing behavior." (2007): 207-215.
Setiawan, R. M. Analisis Pengaruh Service Quality dan Perceived Usefulness Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Brand Trust (Studi Kasus GO-JEK di DKI Jakarta)(Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Soebagyo, Tommy, "Analisa Pengaruh Store Image Terhadap Purchase Intention Di Toserba “Ramai” Ngawi." Jurnal Strategi Pemasaran 2.1 (2014): 9.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yeh, Hsiaoping. "EFFECTS OF ICT'S INNOVATIVE APPLICATIONS ON BRAND IMAGE AND CUSTOMER'S PURCHASE INTENTION." International Journal of Organizational Innovation 7.4 (2015).
Zeithaml, V. A., Bolton, R. N., Deighton, J., Keiningham, T. L., Lemon, K. N., & Petersen, J. A. (2006). Forward-looking focus: can firms have adaptive foresight?. Journal of Service Research, 9(2), 168-183.
Published
2019-09-24
Section
Articles
Abstract viewed = 1829 times
PDF downloaded = 1525 times