MEMBANGUN KEPUASAN KONSUMEN PROPERTY MELALUI HARGA BERSAING DAN KUALITAS PELAYANAN PADA PERUMAHAN PT. ATLANTIK PERKASA ABADI PEKANBARU

  • wirdayani wahab STIE Mahaputra Riau
Keywords: Kepuasan Konsumen Property, Harga Bersaing, Kualitas Pelayanan

Abstract

Kepuasan konsumen menjadi sebuah target yang harus dilakukan para produsen baik barang maupun jasa. Pada produk barang dalam hal ini adalah perumahan yang dihasilkan oleh PT. Atlantik Perkasa Abadi Pekanbaru diduga upaya yang dapat dilakukan dengan cara persaingan harga dan juga peningkatan kualitas pelayanan. Pembuktian dugaan ini dilakuka pada 52 orang konsumen yang diambil secara random melalui kuesioner dan data dianalisis secara kuantitatif dengan alat regresi linier berganda. Hasil penelitian membuiktikan bahwa harga yang bersaing dan juga pelayanan yang berkualitas secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan terbukti pula harga yang bersainglah yang memberikan pengaruh paling besar pada kepuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Thamrin., dan Francis Tantri. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Alma, Buchhari. 2009. Pengantar Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Amanah, Dita. 2010. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M Yamin Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis. Volume 2, Nomor 1, Maret.
Bilgies, Ana Fitriyatul. 2016. Peran kualitas produk, harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Billagio Skincare Clinic Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Universitas kediri. Volume 1, Nomor 1, April.
Daryanto, Ismanto Setiabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Malang : Gaya Media.
Faradina, Anissa., dan Budhi Satrio. 2016. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Cantik Alamanda. Jurnal Ilmi Riset dan Manajemen. Volume 5, Nomor 7, Juli.
Ghozali, Moch. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Ekspedisi di Surabaya. Jurnal Ilmu Riset Manajemen. Volume 3, Nomor 3.
Haily dan Sri Yanti. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Prima Tour And Travel. Jurnal. Volume 8, Nomor 2, Oktober.
Hasibuan, Putri Handayani. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Damri di Bandara Soekarno Hatta (Studi Kasus Terhadap Pengguna Jasa Damri Bandara Soekarno-Hatta). Skripsi. Vakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Hosang, Natasja, Altje Tumbel dan S Moniharapon. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus pada Rumah Sakit Siloam Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Volume 16. Nomor 1.
Juwandi, Hendy Irawan. 2008. Kepuasan Pelayanan Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Index.
Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta
Maulana, Ade Syarif. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi. Volume 7, Nomor 2, November.
Nyoto. 2015. Metodologi Penelitian Teori dan Aplikasi. Pekanbaru : Badan Penerbit Universitas Riau.
Panjaitan, Ingrid. (2016). Pengaruh Pelayanan Dan Harga Pada Go-Jek Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Minat Sebagai Variabel Moderating. Jurnal. Volume 19, Nomor 2, Juli.
Pelealu, Vionita Rosaliana., Silvya Mandey dan Rotinsulu Jopie Jone (2016). Analisis Strategi Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Car Care Center (C3) Car Wash Manado. Jurnal EMBA. Volume 4, Nomor 2, Juni.
Permadi, Rangga Wicaksono. 2011. Analisis Pengaruh Harga dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Speedy di Jakarta Pusat. Tugas Akhir. Telkom University
Sangadji, Etta Mamang, dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen, Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Penerbut Andi.
Suhendi dan Indra Sasangka. 2014. Pengantar Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Peneliian. Bandung: Alfabeta.
Swasta, Bashu dan Ibnu Sukotjo. 2010. Pengantar Bisnis. Yogyakarta : Liberti.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbut Andi.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Penerbut Andi.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran jasa-prinsip, penetapan dan penelitian. Yogyakarta : Penerbut Andi.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Penerbut Andi.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbut Andi.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta : Penerbut Andi.
Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano: Diesrtai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. Jakarat: PT. Index
Published
2019-09-24
Section
Articles
Abstract viewed = 817 times
PDF downloaded = 536 times